Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » LAROS » Warga Songgon Tolak Penambangan Pasir

Warga Songgon Tolak Penambangan Pasir

(327 Views) March 8, 2017 12:19 am | Published by | No comment

– Lokasi penambangan pasir yang ditolak warga. (Memorandum – Siswanto)

Banyuwangi, Memorandum – Puluhan warga berbagai Desa di Kecamatan Songgon, menolak penggalian pasir di Dusun Jajangan, RT 03 RW 1, Desa Sumberbulu. ”Protes ini dadakan, karena alat berat (Eskavator) alat pengerukan tanah tersebut sudah berada dilokasi penggalian pasir. Sehingga membuat pengurus Hippa serta Hipam geram dan kompak menolak galian pasir tersebut,” kata Kordinator tolak tambang pasir, Jumadi Abdullah, yang didampingi sejumlah pengurus Himpunan Petani Pemakai Air (Hippa) serta Himpunan Pemakai Air Minum (Hipam).

Jumadi menjelaskan, penolakan warga itu didasari undang-undang nomor 32 tahun 2009, tentang perlindungan dan pengelohan lingkungan hidup.

Ketua Hippa Desa Parangharjo, Yasin, mengatakan, tambang pasir illegal tersebut bila diteruskan akan mengancam ketersedian air minum warga keenam Desa. “Jika penambangan pasir terus dilakukan akan berdampak terhadap petani. Pasalnya air pertanian akan berkurang,” ungkapnya.

Kepala Desa Sumberbulu, Sarekat, menjelaskan bahwa pengusaha penambang pasir itu sudah menemuinya. Menurut Kades, dia sudah mengarahkan kepada penambang pasir untuk menemui warga disekitar lokasi. “Bila warga menolak, pihak Desa setempat juga akan menolaknya,” ungkapnya. (swa/bud)

Sumber | skhmemorandum.com

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Warga Songgon Tolak Penambangan Pasir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*