Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » LAROS » Warga Gunung Remuk Demo Pabrik Pengantongan Pupuk Subsidi

Warga Gunung Remuk Demo Pabrik Pengantongan Pupuk Subsidi

(657 Views) August 23, 2016 3:11 pm | Published by | No comment
Demo Pengantongan Pupuk

Puluhan warga Dusun gunung Remuk melakukan aksi unjuk rasa di depan pabrik pengantongan pupuk

Banyuwangi, Memorandum – Puluhan warga Dusun Gunung Remuk, Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro demo pengantongan pupuk subsidi pemerintah yang ditangi oleh PT. Bromo Transindo. Pasalnya rumah mereka retak akibat aktivitas dump truk pengangkut pupuk bermuatan diatas tonase. Terlebih dilakukan menjelang jam istirahat malam warga, oprasional dumpt truk terus dilakukan.

Aksi demo dilakukan, pukul 08.00 WIB. Mereka menyampaikan aspirasi dengan pasang spanduk dan orasi didepan pabrik pengantongan pupuk. Aksi ini mendapatkan pengawalan yang serius dari aparat Kepolisian.

Dalam orasinya warga mengaku sangat terganggu dengan suara berisik yang ditimbulkan pabrik tersebut. Selain suara berisik polusi debu juga sangat menggangu warga. Bahkan salah satu warga mengaku tidak berani membuka pintu depan rumahnya karena banyaknya debu.

Menurut pria yang tinggal persis di hadapan pabrik ini, saking banyaknya debu sampai masuk ke ruang tamu. Dirinya harus sering-sering membersihkan rumahnya agar debu yang ada didalam rumahnya berkurang. Dirinya mengkhawatirkan kesehatan anaknya yang masih kecil.

“Getaran dump truk itu sangat terasa karen muatannya sangat banyak, rumah saya sampai retak,” jelasnya.

Warga juga mempersoalkan HO yang dimilik pabrik tersebut. Menurut warga, awalnya HO yang dimiliki hanya untuk penyimpanan pupuk saja. Namun dalam perkembangannya saat ini tempat itu sudah digunakan untuk pengantongan pupuk.

Setelah melakukan orasi selama 30 menit, warga kemudian menyerahkan lembaran kertas berisi tuntutan kepada pihak pabrik yang diterima Imam Suhairi selaku Kepala Gudang Pengantongan pupuk tersebut. Namun sayangnya, pihak pabrik tidak mau memberikan keterangan kepada wartawan. “Saya tidak berwenang memberikan keterangan,” kata Imam Suhairi.

Tuntutan warga itu terdiri dari 11 poin. Diantaranya, melarang dump truk membawa muatan melebihi tonase, memberikan cek kesehatan gratis setiap 3 bulan, membatasi jam kerja sampai jam 12 malam dan meminta kompensasi sebesar Rp 15 juta setiap bulan untuk lingkungan RT 1 Rw 4 Dusun Gunung Remuk.(dn/jai)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Warga Gunung Remuk Demo Pabrik Pengantongan Pupuk Subsidi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*