Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PEMERINTAHAN » Urus Sertifikat Tanah Lambat, DPRD Konsultasi ke Pusat

Urus Sertifikat Tanah Lambat, DPRD Konsultasi ke Pusat

(664 Views) May 10, 2016 10:03 am | Published by | No comment
Pengurusan Serifikat Tanah Lambat

– Ficky Septalinda, saat memimpin rapat Komisi I

Banyuwangi,Memorandum – Komisi I DPRD Banyuwangi menilai kinerja Badan Pertanahan Nasional (BPN) di daerah kurang optimal. Hal tersebut terungkap dengan banyaknya keluhan masyarakat soal lambat dan berbelitnya pengurusan sertifikat tanah yang diterima oleh wakil rakyat Banyuwangi.

“ Ini keluhan warga, bukan satu atau dua orang saja yang mengadukan masalah lambatnya penerbitan sertifikat tanah” ucap Ketua Komisi I, Ficky Septalinda saat ditemui Memorandum, Senin (9/5)

Ficky Septalinda mengatakan, berbagai keluhan masyarakat terkait dengan proses sertifikasi tanah yang masuk ke Komisi I diantaranya proses pelayanan pembuatan sertifikat tanah seringkali molor dan tanpa kabar samasekali. Bahkan, tak sedikit yang prosesnya hingga satu tahun, sertifikat yang diurus tidak kunjung selesai. Selain itu BPN belum memberikan informasi secara jelas standart biaya pengurusan sertifikat tanah. “Selain lambatnya pengurusan tanah, masyarakat juga menanyakan standart biaya yang harus dibayarkan” ungkapnya.

Komisi I berharap kepada BPN Banyuwangi untuk segera melakukan reformasi pelayanan bidang pertanahan, jangan sampai pelayanan kepada masyarakat yang hendak mengurus sertifikat tanah dipersulit atau dihambat. Selain itu BPN harus memberikan kepastian waktu penyelesaian, dan biaya yang harus ditanggung pemohon sertifikat tanah. Untuk memperoleh kejelasan Standart Operasional Prosedur (SOP)pengurusan sertifikat tanah, Komisi I berencana melakukan konsultasi ke Badan Pertanahan Nasional (BPN) Pusat di Jakarta pekan depan. (ydi)

Sumber | Koran Harian memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Urus Sertifikat Tanah Lambat, DPRD Konsultasi ke Pusat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*