Tunjang Pengembangan Pariwisata, Kemenpar Akan Bangun Seribu Homestay

667 views
banner 468x60)

Kemenpar Akan Bangun Seribu Homestay

Banyuwangi, Memorandum – Sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan destinasi wisata daerah, Kementerian Pariwisata bersama Kementerian PU dan Perumahan Rakyat bersama PT. Bank Tabungan Negara (BTN) akan segera membangun seribu pondokan wisata (Homestay) di berbagai destinasi wisata di Kabupaten Banyuwangi.

“Untuk pertama kalinya, di Banyuwangi akan dibangun seribu homestay. Nanti Pak Bupati yang akan menetapkan tempatnya,” kata Menteri Pariwisata, Dr Ir Arief Yahya, M.Sc., saat menyampaikan sambutan dalam acara Halal Bihalal Diaspora Banyuwangi, di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Jum’at (8/7).

Menurut Arief Yahya, program pembangunan homestay tersebut, dapat mendorong kegiatan ekonomi di kawasan pariwisata menjadi lebih kuat, karena masyarakat terlibat dalam menjaga dan merawat keberlangsungan obyek wisata itu. “Masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar destinasi wisata, silahkan mengajuhkan pembiayaan untuk membangun homestay,” ungkap Arief Yahya, salah satu Menteri kabinet Gotong Royong kelahiran Banyuwangi.

Dijelaskan, syarat untuk membangun homestay sangat mudah. Masyarakat dapat mengajukan kredit pembiayaan ke BTN dengan total kredit sebesar Rp. 150 Juta, sehingga uang muka yang dibutuhkan sebesar 1 persen atau Rp 1,5 Juta dengan bunga 5 persen fix (tidak berubah), dan jangka waktu angsuran pinjaman  selama 20 tahun. Sedangkan untuk bentuk bangunan homestay harus menerapkan arsitektur Nusantara dengan gaya Banyuwangi.

Pembangunan homestay di Banyuwanngi, rencananya, berlokasi di beberapa destinasi wisata antara lain Meru Betiri, G-Land, Kawasan Ijen, Desa adat Kemiren, Desa olehsari, Kelurahan Wisata Temenggungan, kecamatan Banyuwangi Kota. Selain pembangunan homestay, Kementerian Pariwisata juga akan membangun toilet bersih di kawasan wisata Gunung Ijen. (ydi)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

 

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply

*