Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » EKONOMI » Tumpang Pitu Jadi Obvitnas, Eksplorasi Mineral BSI Makin Jelas

Tumpang Pitu Jadi Obvitnas, Eksplorasi Mineral BSI Makin Jelas

(1214 Views) March 25, 2016 8:36 pm | Published by | 1 Comment
Direktur BSI Arif Firman menerima dokumen Obvitnas dari Menteri ESDM yang diwakili Kepala Biro Kementrian ESDM Gufron Asrofi

Direktur BSI Arif Firman menerima dokumen Obvitnas dari Menteri ESDM yang diwakili Kepala Biro Kementrian ESDM Gufron Asrofi

Banyuwangi, Memorandum – Kekuatan eksplorasi tambang mineral Gunung Tumpang Pitu, di kecamatan Pesanggaran dikelola PT. Bumi Suksesindo (BSI) semakin dapat angin segar dari pemerintah pusat. Terbukti, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) menetapkan proyek tambang mineral tersebut dinyatakan sebagai Obyek Vital Nasional (Obvitnas). Penetapan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Menteri No. 631k/30/MEM/2016, tertanggal 16 Pebruari 2016, ditandatangani Menteri ESDM, Sudirman Said di Jakarta.

Kepala Biro Kementerian ESDM, Gufron Asrofi  menyerahkan surat Menteri ESDM kepada Direktur BSI, Arif Firman sebagai pengelola proyek tambang Tumpang Pitu, Kamis (24/03), di aula Petak 13 area Tambang Tumpang Pitu, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran. Hadir, Direktur Pengamanan Obvitnas, Brigjen Pol. Ahmad Jumumba, Perwakilan dari Kementerian Koordinator Polhukam, BIN, Biro Hukum KESDM, PPBMN,Perwakilan Dirjen Minerba, Direktur PLN Jawa Timur, Forpimda, Direksi PT BSI dan tokoh masyarakat Banyuwangi.

Kepala Biro Kementerian ESDM, Gufron Asrofi mengatakan, penetapan tambang emas Tumpang Pitu sebagai Obvitnas merupakan upaya pemerintah, untuk memastikan bahwa iklim investasi dan perekonomia di wilayah Banyuwangi tetap terjaga. Sehingga keberadaan tambang ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang optimal dalam mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Banyuwangi dan perekonomian nasional secara umum. “Sebagai obyek vital nasional, tambang Tumpang Pitu harus mampu memberikan dampak ekonomi langsung kepada masyarakat sekitar dan negara. Penetapan ini juga memastikan PT BSI akan menjalankan kegiatan pertambangan sesuai aturan Perundangan yang berlaku,” jelas Guforn.

Gufron menambahkan, sebagai obvitnas, tambang Tumpang Pitu kini dalam pengawasan dan perlindungan negara. Oleh karena itu, Kepolisian dan aparat penegak hukum wajib mengamankan proyek ini, agar dapat beroperasi secara optimal, kerana memiliki dampak strategis terhadap perekonomian nasional.

Selanjutnya Kepala Pusat Pengelolaan Barang Milik Negara (PBMN) menjelaskan, untuk mendapatkan status obvitnas, Tumpang Pitu harus melalui serangkaian proses yang panjang dan ketat. “Tambang ini telah memenuhi seluruh ketentuan yang berlaku. BSI juga sudah mengantongi IUP produksi dab status clear and clean dari Pemerintah,” imbuhnya.

Direktur PT.BSI, Arif Firman menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas dukungan Pemerintah dan masyarakat Banyuwangi yang memungkinkan proyek tambang Tumpang Pitu ditetapkan sebagai Obvitnas. “Dengan menjadi obvitnas, tanggung jawab BSI akan semakin besar, karena aturannya semakin ketat dan banyak pihak yang ikut mengontrol. Kami beharap keberadaan tambang Tumpang Pitu ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Banyuwangi dan ikut mendorong perekonomian nasional” kata Arif

Arif berjanji akan berkomitmen untuk memberikan manfaat ekonomi secara optimal kepada masyarakat Banyuwangi. Hal itu salah satunya sudah dibuktikan dengan memberikan Golden Share atau hibah saham 10 persen kepada Pemkab.Banyuwangi.

BSI bersama PT.Damai Suksesindo (DSI) yang merupakan anak perusahaan PT.Merdeka Copper Gold Tbk. Kedua perusahaan tersebut telah memiliki Ijin Usaha Pertambangan (IUP) di wilayah Tumpang Pitu. BSI memiliki IUP Operasi Produksi, berdasarkan Keputusan Bupati Banyuwangi No. 188/547/KEP/429.011/2012, tertanggal 9 Juli 2012. Sementara DSI memiliki IUP Eksplorasi, berdasarkan Keputusan Bupati Banyuwangi No. 188/930/KEP/429.011/2012, tertanggal 10 desember 2012. Lokasi IUP BSI dan DSI terletak di Desa Sumberagung,Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. BSI seluas 4.998 ha dan IUP DSI seluas 6.623 ha. (ydi/coi)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Categorised in: ,

1 Comment for Tumpang Pitu Jadi Obvitnas, Eksplorasi Mineral BSI Makin Jelas

  • Eko Hariadi,S.Hut says:

    Alhamdulillah, mugo2 tambah dadi kemajuan lan kemakmuran hang diarep ambi riko kabeh dulur..

    Sun njaluk kang Bupati lan jajarane milu ngawal myane podo issue CSR pas sasaran, oseng mung seremonial ono ring media, Siap milu bangun teknologi lan SDM kang tambah apik,

    Suwun,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*