Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » BANYUWANGI FESTIVAL » Tokoh Lintas Agama Deklarasikan Keluarga Sebagai Pendidik Utama

Tokoh Lintas Agama Deklarasikan Keluarga Sebagai Pendidik Utama

(1026 Views) October 9, 2014 10:47 pm | Published by | No comment

BANYUWANGI –  Keluarga adalah kunci utama bagi generasi penerus.  Menyadari hal itu, para tokoh lintas agama di Banyuwangi mendeklarasikan peran penting pendidikan keluarga di masyarakat. Diantaranya mereka bersepakat menjadikan keluarga sebagai pendidik pertama dan utama bagi generasi muda.  Keluarga juga harus bisa menjadi tauladan pertama untuk menanamkan keimanan untuk membentengi anak-anaknya dari pengaruh buruk lingkungan sekitarnya.

Para tokoh lintas umat beragama yang terdiri dari tokoh-tokoh organisasi keagamaan, NU,  Muhammadiyah, LDII, Al-Irsyad.Tokoh agama kristen, katolik, hindu, budha, dan kong hu cu itu juga berkomitmen menjadikan keluarga sebagai sarana penangkal perilaku generasi muda terhadap penyimpangan nilai-nilai sosial di masyarakat. Antara lain mencegah penyebaran HIV/AIDS dengan cara mengajarkan nilai-nilai seksualitas yang benar. Selain itu, mencegah penggunaan narkoba dan  miras dengan mengutamakan komunikasi dan teladan dari orang tua, serta mencegah balapan liar dengan memberikan pemahaman akan akibat yang mungkin terjadi. Mereka juga berjanji di setiap khutbahnya akan menekankan perlunya komunikasi sejak dini dengan keluarga.

Deklarasi lintas agama ini dilakukan di Aula Tri Dharma Klenteng Ho Tong Bio, Rabu (8/10) disaksikan langsung Wabup Yusuf Widiyatmoko, Sekkab Slamet Kariyono, Ketua MUI Moh Yamin LC dan Kepala Kantor Kementerian Agama Banyuwangi serta sejumlah pejabat teras pemkab.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup Yusuf sangat mengapresiasi deklarasi yang disepakati para perwakilan agama. “Apa yang bapak ibu upayakan, juga menjadi salah satu poin mengapa Banyuwangi masuk sebagai Compassionate City (Kota Welas Asih). Walau kita berbeda agama, namun pertemuan lintas agama tetap rutin dilangsungkan untuk mencari solusi bersama atas permasalahan umat,”tuturnya sambil  berharap kerukunan antar umat beragama di Banyuwangi terus  berlanjut.

Ditambahkan Wabup, peristiwa kejahatan saat ini banyak dilakukan anak-anak muda. Bahkan kasus pengguna narkoba juga berasal dari generasi muda. “Kepala BNN menyebutkan, pengguna narkoba di dunia saat ini mencapai 315 juta orang di usia produktif.Dari jumlah itu, 2,2 persennya, yang berarti 4,2 juta orang penggunanya  ada di Indonesia.  Dengan terus mendorong komunikasi antara orang tua dan anak-anaknya sejak dini, saya yakin pengaruh negatif itu akan terhalau dan tidak akan sampai pada generasi muda,” harap Wabup. (Humas & Protokol)

Categorised in: ,

No comment for Tokoh Lintas Agama Deklarasikan Keluarga Sebagai Pendidik Utama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*