Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » KRIMINAL » Tokoh Kaligondo Adukan Praktek Money Politik Pilkades ke Polisi

Tokoh Kaligondo Adukan Praktek Money Politik Pilkades ke Polisi

(68 Views) November 7, 2019 6:37 pm | Published by | No comment

KabarRakyat.ID – Tokoh masyarakat Desa Kaligondo, Kecamatan Genteng, Banyuwangi melayangkan laporan pengaduan ke Polres Banyuwangi terkait dugaan money politik penyelenggaraan Pilkades beberapa waktu yang lalu.

Winarto (42) seorang tokoh masyarakat Desa Kaligondo menjelaskan, kedatangannya ke Mapolres Banyuwangi untuk berkirim surat pengaduan terkait dugaan money politik yang terjadi di desanya sebelum pelaksanaan Pilkades serentak.

“Dugaan money politik itu sudah diketahui masyarakat setempat sebelum hari H Pilkades, ” kata Winarto ditemui di Mapolres Banyuwangi, Kamis (7/11/2019).

Sebelumnya, Ia bersama perwakilan warga lainnya juga mendatangi DPRD Banyuwangi mengajukan permohonan audiensi.

“Kita sudah mengatongi bukti resmi bahwa kita sudah mengajukan permohonan audiensi. Kami juga memberikan tembusan kepada pihak-pihak terkait,” ungkapnya.

Dijelaskan Winarto, dugaan money politik itu sebenarnya sudah disampaikan melalui lisan maupun tertulis kepada pihak penyelenggara. Diakuinya, pihak penyelenggara sempat membalas surat yang dilayangkan masyarakat.

“Surat pengaduan itu kita kirimkan ke panitia pada 23 September 2019, dan diterima baik oleh panitia yang kemudian oleh panitia kami diminta untuk melengkapi kronologi kejadian, waktu, dan tempatnya,” ujarnya.

“Atas permintaan itu, kami mempertimbangkan situasi pelaksanaan Pilkades supaya berjalan lancar dan kondusif, kami baru membalas surat dari panitia itu pada 15 Oktober. Namun balasan surat ke-2 dari panitia pada 21 Oktober 2019, kami anggap seolah-olah panitia melepas tanggungjawab terkait surat pengaduan dari masyarakat tersebut,” bebernya.

Hingga akhirnya, kata Winarto, ia melayangkan somasi pada 22 Oktober 2019, namun tidak digubris oleh panitia. “Bahkan kami juga sempat mengajukan permohonan klarifikasi pada 28 Oktober, namun hingga kini juga belum ada tanggapan dari pihak penyelenggara,” bebernya.

Oleh sebab itu, pihaknya mengajukan audiensi dengan DPRD Banyuwangi guna mencari solusi terbaik termasuk sikap panitia yang mestinya ikut bertanggungjawab.

“Intinya kami ingin mengetahui kepastian hukumnya, apakah perbuatan yang sudah diketahui masyarakat itu sah secara undang-undang atau mungkin dianggap melanggar undang-undang,” imbuhnya.

“Saat ini kami tengah menunggu informasi dari DPRD mengenai kapan akan dilakukan audiensi. Kami berharap, audiensi bisa dilaksanakan segera,” imbuhnya lagi.

Reporter : Fattahur

Editor : Choiri

Categorised in:

No comment for Tokoh Kaligondo Adukan Praktek Money Politik Pilkades ke Polisi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*