Saturday, August 8, 2020
Home BUDAYA TNI Banyuwangi Gelar Donor Darah di Pusat Perbelanjaan

TNI Banyuwangi Gelar Donor Darah di Pusat Perbelanjaan

Bupati Banyuwangi Abdulah azwar anas donor darah

BANYUWANGI –  Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas membuka gerakan donor darah masal yang diselenggarakan oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang digelar di salah satu pusat perdagangan ritel, Selasa (2/9). Didampingi Wabup Yusuf Widiyatmoko, Dandim 0825 Letkol Kav Mangapul Hutajulu, Danlanal Letkol Laut (P) Edi Eka Susanto dan Kapolres Banyuwangi AKBP Tribisono Soehaimi, Bupati Anas melakukan cek darah sebelum gerakan donor darah masal dilakukan.

Dalam kesempatan itu Bupati Anas menyatakan, gerakan donor darah penting untuk terus digalakkan. Semua elemen bisa menggalang gerakan donor darah ini dengan memanfaatkan ruang-ruang publik yang ada di Banyuwangi, mulai dari pasar sampai taman-taman. ”Di tempat-tempat yang ramai, bisa di pasar atau di taman. Jadi orang datang bisa melakukan banyak hal, bisa rekreasi, bersantai bersama keluarga, jajan kuliner, sekaligus mendonorkan darahnya. Jadi warga tak perlu datang ke Palang Merah Indonesia (PMI). Lagipula, jika digelar di ruang publik, itu jadi sarana promosi donor darah yang efektif karena ramai dilintasi orang,” kata Anas.

Ditambahkan Bupati Anas, manfaat donor darah sangat besar manfaatnya bagi yang membutuhkan. “Seperti yang dikatakan Ketua PMI Jusuf Kalla, pengorbanan yang paling kuat disimbolkan dengan darah dan air mata. Mudah-mudahan gerakan ini menjadi simbol gerakan yang peduli, karena disimbolkan dengan pengorbanan darah. Banyuwangi sudah menjadi Kota Welas Asih (compassionate city), donor darah hanya satu contoh bentuk kasih sayang kita kepada sesama,” kata Bupati Anas.

Donor darah yang digelar TNI ini mendapat respons luar biasa dari masyarakat. Salah satunya Kariyanto, warga asal daerah Giri. “Awalnya saya lewat saja, begitu tahu ada donor darah saya langsung ikut. Kebutulan saya memang waktunya donor,” ujar Kariyanto.

Sementara Dandim Letkol Kav Mangapul Hutajulu menambahkan, gerakan ini digelar dalam rangka memperingati HUT ke – 69 TNI yang jatuh pada tanggal 5 Oktober 2014 mendatang.”Program donor darah ini untuk memenuhi stok darah yang dibutuhkan masyarakat. Kami melihat setiap hari kebutuhan darah di PMI kurang lebih 200 kantong. Dengan target 300 orang dalam kegiatan ini mudah-mudahan bisa memenuhi stok yang dibutuhkan,” kata Dandim.

Selain itu, imbuh Dandim, sesuai dengan jati dirinya sebagai tentara rakyat, maka TNI senantiasa peduli dan berkomitmen untuk membantu kesulitan yang dihadapi rakyat, TNI juga menggelar bakti sosial sebelum donor darah. (Humas Protokol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*

Most Popular

Hasil Rapid Test 22 Tenaga Medis Banyuwangi Reaktif, Fraksi PKB: Ini Serius

KABAR RAKYAT - Hasil rapid test 22 orang tenaga medis di Kabupaten Banyuwangi menunjukan hasil reaktif. Hal ini menjadi perhatian serius Fraksi Partai Kebangkitan...

Dinas Pertanian Pangan Minta Masyarakat Hati-hati Beli Daging Murah

KABAR RAKYAT - Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi menghimbau masyarakat agar berhati-hati dalam membeli daging sapi dengan tidak tergiur harga murah. Apalagi pada...

Empat Orang Warga Sarongan dan Kandangan Diamankan Reskrim Polresta Banyuwangi

KABAR RAKYAT -  Empat orang diduga pelaku perusakan dan pengeroyokan, tiga fasilitas gedung dan lima orang petugas pada Balai Taman Nasional Meru Betiri (BTN-MB)...

Pasien Positif Corona di Banyuwangi Kini Bertambah Satu Orang Lagi

BANYUWANGI – Pasien positif terinfeksi virus corona (Covid-19) di Banyuwangi hari ini, Minggu (17/5/2020), bertambah 1 orang sehingga menjadi lima orang. Pasien terbaru atau...

Recent Comments

infobanyuwangi on Pengeroyok Pemuda Krajan Dibui
infobanyuwangi on Kopdar IM Banyuwangi ke-2
mohammad taufiqurrohim on Program Beasiswa BANYUWANGI CERDAS
Live Update COVID-19 Indonesia