Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali

Click to open Menus
Home » BANYUWANGI FESTIVAL » Tiga Hari Lagi BEC Digelar, The Queen Of Seblang akan Tampil

Tiga Hari Lagi BEC Digelar, The Queen Of Seblang akan Tampil

(770 Views) November 19, 2014 8:23 pm | Published by | No comment

BANYUWANGI – Dua hari lagi tepatnya Sabtu (22/11) ajang untuk mempromosikan budaya Banyuwangi kembali dihelat di event Banyuwangi Ethno Carnival (BEC). BEC kali ini mengusung tema the mistic dance of seblang, dengan tiga sub tema tarian Seblang. Yakni, Seblang Olehsari, Seblang Bakungan dan Porobungkil.

Tarian Seblang merupakan sebuah tarian ritual paling tua di Banyuwangi. Tari ini dimaksudkan sebagai usaha memperoleh ketenteraman, keselamatan, dan kesuburan tanah agar hasil panen melimpah. Ritual ini ditarikan seorang penari dalam kondisi trance, kondisi tak sadarkan diri, sebagai penghubung warga desa dengan arwah leluhurnya.

Seblang adalah suatu ritual upacara adat suku using, yang biasa dijumpai di dua desa yaitu, Bakungan dan Olehsari. Seblang Olehsari ditarikan oleh perempuan muda dan digelar satu minggu setelah hari raya Idul Fitri. Seblang Bakungan ditarikan oleh perempuan tua dan digelar satu minggu setelah hari raya Idul Adha.

“Dalam gelaran BEC ini, tari Seblang itu akan diterjemahkan dalam bentuk desain fesyen yang berkarakter oleh para desainer muda Banyuwangi. Semuanya dikerjakan anak muda Banyuwangi tanpa supervisi dari konsultan desain mana pun. Mulai dari penyusunan tema kami melibatkan budyawan. Teknisnya dieksekusi anak-anak muda Banyuwangi. Berbeda dengan daerah lain yang berlomba membawa tema global ke level lokal, Banyuwangi justru membawa tema lokal untuk diperkenalkan ke level global,” papar Plt Kepala Dinas Kebudayaa dan Pariwisata Banyuwangi, Yanuar Bramuda, Bramuda.

Dalam gelarannya nanti, kata Bramuda, BEC akan mulai pukul 12.00 WIB dari Gesibu, Taman Blambangan dan atraksi di depan SDN Kepatihan dengan panggung seluas 32 x 16 meter dengan tinggi 6 meter dan cat walk sepanjang 85 meter. Selanjutnya, berjalan mengelilingi kota sejauh tiga kilometer. Start Jalan Veteran – Susuit Tubun – Masjid Agung Baiturrahman – PB Soedirman – Jl. A Yani dan finish depan kantor pemkab.

Pegelaran ini akan diawali dengan prosesi terjadinya seblang yang dimainkan oleh 45 penari profesional dari Sanggar Sayu Sarinah, Olehsari. Usai prosesi seblang disambung penampilan 48 penari seblang cilik hasil seleksi penari kecil tingkat kabupaten. Sebelum para devile peserta BEC the mystic dance of seblang ini tampil, akan ditampilkan seorang ratu seblang “The Queen of Seblang” yang diperankan seorang model cantik dengan desain kostum by Irma Lumiga.

Irma Lumiga desain asal Banyuwangi yang kini berkibar di Pulau Dewata ini mendandani Ratu Seblang dengan menarik dan eksotik. Bajunya menggunakan bahan kain batik khas Banyuwangi yang panjang gaunnya mencapai 300 meter. Bisa dibayangkan betapa rumitnya kostum The Queen of Seblang ini, sehingga harus melibatkan 150 penari gandrung untuk memegangi gaunnya.

Setelah undangan dan penonton puas menyaksikan unjuk kebolehan Ratu Seblang, baru para devile BEC 2014 ini akan muncul. Devile BEC 2014 ini diawali dengan penampilan peserta dengan tema Seblang Olehsari, sebanyak 33 orang. Lalu disusul tema kedua Seblang Bakungan, yang dibawakan  67 peserta dan tema Porobungkul ditampilkan 35 peserta.

Perhelatan the mystic dance of seblang ini juga akan menampilkan 16 performance the best BEC The Legend of Kebo-keboan. Di akhir gelarannya akan ditutup dengan penampilan barong cilik dan penampilan Jebeng Thulik 2014 serta duta pariwisata dari Sumatra Utara, Kalimantan Selatan dan NTT sambil mengusung poster dengan tulisan See You Next BEC 2015 dengan Tema Kemanten Using.

Menteri Pariwisata Arief Yahya, Duta Besar (Dubes) AS untuk Indonesia, Robert O Blake Jr, dan beberapa pelaku industri kreatif bakal dipastikan akan hadir di BEC 2014 ini. (Humas Protokol)

Categorised in:

No comment for Tiga Hari Lagi BEC Digelar, The Queen Of Seblang akan Tampil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

you MUST enable javascript to be able to comment