Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » LAROS » Tiga Desa di Muncar Minta Pengelolaan Lahan Parkir

Tiga Desa di Muncar Minta Pengelolaan Lahan Parkir

(924 Views) August 4, 2016 10:30 pm | Published by | No comment
Tiga Desa Muncar

Perwakilan tiga desa di Kecamatan Muncar menyampaikan aspirasi terkait keinginan mengelola parker dilahan asset desanya.

Banyuwangi, Memorandum – Tiga Desa yakni Desa Tembokrejo, Kedungrejo dan Sumberberas Kecamatan Muncar, minta kepada Pemkab Banyuwangi memberikan hak pengelolaan lahan parkir khusus didalam aset masing-masing desa. Tujuannya, untuk menambah pundi-pundi pendapatan desa.

Mereka beralasan, selama ini pungutan parkir dilahan milik desa-desa  tersebut,  sebagian besar tidak masuk kedalam Kas daerah. Hal ini disampaikan tiga Kepala Desa dalam rapat hearing bersama Komisi I DPRD Banyuwangi, Rabu (3/8) di Ruang Khusus DPRD.

Juru bicara ketiga Kepala Desa, yang juga merupakan ketua BPD Sumberberas, Suharto dalam rapat hearing menyampaikan, merujuk pada amanat Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa, yang salah satu klausul memberikan kewenangan kepada pemerintahan desa, untuk mengelola dan mengembangkan aset maupun kekayaan yang dimiliki untuk meningkatkan kesejateraan masyarakat. Sehingga dari pemikiran tersebut, tiga desa meminta kepada pemerintah daerah memberikan hak pengelolaan jasa parkir khusus, yang telah diupayakan sejak tahun 2007, namun hingga saat ini belum ada tindak lanjutnya.

“ Dalam kesempatan rapat hearing ini, kami meminta kepada Pemda melalui Dinas Perhubungan memberikan hak pengelolaan parkir khusus “ Ucap Suharto dihadapan rapat hearing Komisi I .

Demikian pula dengan penyampaian Kepala Desa Sumberberas, Drs. Sri Purnanik maupun Kepala Desa Tembokrejo, Sumarto,SH. Upaya permohonan pengelolaan jasa parkir khusus yang lahannya mengunakan tanah milik desa kepada pihak terkait belum juga menemui titik temu. Maka melalui rapat hearing bersama Komisi I, diharapkan ada solusi terbaik atas persoalan pengelolaan lahan parkir di desanya. Pemerintahan desa siap diajak bekerja sama untuk mengelola parkir.

“Intinya kami tidak minta parkir, namun lahan parkir itu yang kami minta untuk dikelola” ungkap Kepala Desa Tembokrejo, Sumarto.

Sementara keterangan Kepala Bidang Perhubungan Darat, Dinas Perhubungan Banyuwangi, Harry Iswadi, SSTP menyampaikan, Desa dapat mengelola parkir, dengan syarat mematuhi Peraturan Daerah yang ada, dengan maksud menghindari komplain masyarakat, dengan adanya pungutan parkir yang dilakukan Pemerintahan Desa. Karena di Kabupaten Banyuwangi telah diberlakukan sistem parkir berlangganan.

“ Desa bisa mengelola parkir, dengan syarat mematuhi aturan dan memiliki lahan sendiri, tidak dibahu jalan” Ucap Harry Iswadi.

Diakhir rapat hearing, Komisi I DPRD memberikan saran kepada kedua belah pihak, Pemerintahan Desa maupun Dinas perhubungan untuk melakukan kerjasama pengelolaan parkir. “ Sebenarnya tidak ada persoalan, jika kedua belah pihak bisa bekerjasama yang saling menguntungkan, seyampang mematuhi regulasi yang ada” jelas Ficky Septalinda diakhir rapat hearing Komisi I. (ydi)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Tiga Desa di Muncar Minta Pengelolaan Lahan Parkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*