Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PEMERINTAHAN » Terkait Penyusunan APBD 2017 DPRD Bimtek ke Unibraw

Terkait Penyusunan APBD 2017 DPRD Bimtek ke Unibraw

(400 Views) October 7, 2016 12:15 pm | Published by | No comment

Banyuwangi, Memorandum – Jelang penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017, Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah mengeluarkan peraturan baru, yakni Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 31 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun 2017. Terkait masalah tersebut, DPRD Banyuwangi bekerja sama dengan Universitas Brawijaya menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) selama 3 hari di Surabaya.

Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Ismoko, menjelaskan, selain untuk peningkatan kapasitas Pimpinan dan Anggota Dewan, dalam Bimtek tersebut seluruh anggota DPRD akan mendapatkan penjelasan tentang Permendagri No. 31 Tahun 2016. “Selain untuk peningkatan kapasitas, ada penjelasan terkait dengan Permendagri No 31 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyusunan APBD tahun 2017,” jelas Ismoko, Kamis (06/10).

Menurut Ismoko, sebelum melakukan pembahasan Raperda APBD Tahun 2017, ada sekitar 5 (lima) aspek dalam Permendagri No 31 tahun 2016 yang harus menjadi perhatian. Diantaranya, mengubah mindset money follow fungtion dan money follow organizatian menjadi money follow programme, yakni dengan cara memastikan, hanya program yang benar-benar bermanfaat dan berdampak langsung pada masyarakat yang harus dialokasikan. “ Pemerintah Daerah dituntut untuk menyesuaikan pola pikir dari anggaran mengikuti fungsi menjadi anggaran mengikuti program” ungkap Politisi senior Partai Golkar Banyuwangi.

Ismoko menambahkan, perintah dari Permendagri No.31, alokasi anggaran untuk belanja modal wajib diperbesar, selain itu penyederhanaan nomenklatur anggaran harus diperjelas, dan tidak mengunakan kalimat yang bersayap. Dijelaskan, Bimtek akan berlangsung selama tiga hari (7 – 10 Oktober 2016) di Hotel Horrison Suites, Surabaya. (ydi/bud)

Sumber | skhmemorandum.com

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Terkait Penyusunan APBD 2017 DPRD Bimtek ke Unibraw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*