Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PEMERINTAHAN » Telat Lakukan Perpanjangan, Harus Buat SIM Baru

Telat Lakukan Perpanjangan, Harus Buat SIM Baru

(529 Views) May 18, 2016 10:09 am | Published by | No comment
AKP Samirin Satpolantas Banyuwangi

AKP Samirin Kasatlantas Polres Banyuwangi

Banyuwangi, Memorandum – Ini kabar baru tentang aturan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM). Jika sebelumnya ada masa tenggang untuk melakukan perpanjangan SIM dari masa berlakunya. Saat ini ada aturan baru yang mewajibkan SIM harus diperpanjang paling lambat pada hari SIM tersebut habis masa berlakunya.

Ketentuan ini sudah berlaku sejak 10 Mei lalu. Aturannya tertuang adalam surat Telegram Kapolri nomor ST/985/IV /2016 tertanggal 20 April 2016. Dengan berlakunya aturan ini, jika SIM habis masa berlakunya maka tidak ada lagi masa tenggang untuk memperpanjang SIM. Artinya pemilik SIM harus mengajukan permohonan SIM baru meski hanya telat sehari dari masa jatuh tempo SIM.

Kasat Lantas Polres Banyuwangi AKP Samirin membenarkan berlakunya aturan tersebut. Menurutnya, masyarakat harus lebih teliti mengingat masa berlaku SIM-nya masing-masing. Sehingga sebelum SIM jatuh tempo sudah lebih dulu diperpanjang. “Paling lambat perpanjangan dilakukan pada hari SIM tersebut habis masa berlakunya,” jelasnya.

Samirin menghimbau agar masyarakat memanfaatkan SIM keliling untuk melakukan perpanjangan SIM. Selain itu, masyarakat bisa langsung datang ke unit pelayan SIM di Polres Banyuwangi.

Data yang dihimpun Memorandum. aturan mengenai perpanjangan SIM harus dilakukan saat masa berlakunya belum habis ini sebenarnya sudah ada sejak 2012. Saat itu Kapolri mengeluarkan peraturan Kapolri (perkap) nomor 9 tahun 2012 tentang SIM. (jai)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Telat Lakukan Perpanjangan, Harus Buat SIM Baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*