Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » EKONOMI » Tarik Ulur Usulan Bupati Banyuwangi

Tarik Ulur Usulan Bupati Banyuwangi

(872 Views) April 2, 2016 3:10 pm | Published by | No comment
  • Jarak Pasar Modern – Tradisional 4 km Luasan 1,5 ha
Pasar Modern

Sofiandi Susiadi, A.Md

Banyuwangi,Memorandum – Usulan Bupati Abdullah Azwar Anas kepada Pansus DPRD terkait Raperda Perubahan Perda No. 11 Tahun 2014 tentang Ketertiban Umum dan Kesejahteraan Masyarakat, agar jarak antara Pasar Modern dengan Pasar Tradisional minimal 4 km, dan luas lahan Pasar Modern minimal 1,5 hektar akan dipertimbangkan. Khususnya Pasal 26 terkait dengan jarak pendirian pasar modern.

“Bupati dalam penyampaian pendapat atas diajukannya perubahan Perda No.11 Tahun 2014 menginginkan jarak pendiriaan Mall atau pasar modern minimal 4 KM dari pasar tradisional,” kata Ketua Pansus , Sofiandi Susiadi, A.Md ditemui diruangannya, Jum’at (1/04).

Sofiandi mengatakan, usulan Bupati tersebut masih menjadi perdebatan diantara anggota pansus, dikarenakan banyak hal yang harus dipertimbangkan. Sehingga Pansus membutuhkan kajian, apalagi saat ini keberadaan pasar modern atau Mall di Kota Banyuwangi,seperti Ramayana, Vionata, Hardys, Indomaret maupun Alfamart jaraknya dekat dengan pasar tradisional, jika Perda ini disahkan, mereka harus  menyesuaikan dengan regulasi. Lantas sejauh mana dampak sosial ekonominya yang ditimbulkan. “Pendapat Bupati tersebut masih perlu kajian mendalam dan dikonsultasikan dengan pihak-pihak terkait” Jelas Politisi Golkar asal Dapil Banyuwangi III.

Maka dari itu, Pansus berencana, akan kembali melakukan konsultasi dan konsolidasi dengan instansi terkait di Pemprop. Jatim, untuk mencari titik kompromi yang rasional, sehingga efek-efek sosial ekonomi, Pemutusan Hubungan Kerja dapat dihindari.

Pemikiran eksekutif dalam Perubahan Perda No. 11 tahun 2014, Pasal 26 huruf C berbunyi, “Mendirikan usaha toko modern, kecuali toko modern yang terintegrasi dengan fasilitas umum dan pelayanan masyarakat seperti Mall,  yang terintegrasi dengan beberapa fasilitas seperti, pendidikan, rumah sakit, hotel. Disamping itu jarak dengan pasar tradisional minimal 4 km dan luas lahan minimal 1,5 hektar,” pungkasnya. (Ydi)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Categorised in:

No comment for Tarik Ulur Usulan Bupati Banyuwangi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*