Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » BUDAYA » Tanpa Bantuan Pemerintah Arung Kanal Terus Berjalan

Tanpa Bantuan Pemerintah Arung Kanal Terus Berjalan

(1489 Views) September 22, 2016 7:13 pm | Published by | No comment

foto-arung-kanal

Banyuwangi, Memorandum – Ratusan warga Kampung Mojosari, Dusun Mojoroto, Desa Tegalsari, berama-ramai menurunkan kapal penumpang “the king” dengan kapasitas 300 penumpang yang akan turut memeriahkan Festival ‘Arung Kanal’ yang akan digelar Sabtu (24/9) malam.

Rudi, Anggota Karang Taruna ‘Armos’ (Arek Mojosari) mengatakan pembuatan kapal penumpang “the king” membutuhkan biaya cukup besar, yakni  mencapai Rp 40 juta rupiah. Panitia festival arung kanal hanya memberi subsidi sebesar Rp 10 juta, Menurutnya, uang subsidi itu hanya cukup untuk mambantu pembuatan kapal penumpang dan selebihnya anggota Armos melakukan swadaya dan tidak mengandalkan bantuan Pemerintah Banyuwangi.

Kordinator kapal penumpang “The King”, Eko Wardoyo, menambahkan semestinya festival perahu hias ‘Arung Kanal tersebut mengangkat icon budaya Banyuwangi. Bupati Abdullah Azwar Anas, kata Rudi, harus turun tangan untuk mengatasi subsidi yang diberikan peserta festival arung kanal. “Festival arung kanal ini kan sudah masuk dalam kalender tahunan Banyuwangi. Mestinya Pemkab Banyuwangi membantu anggaran agar panitia tidak kelabakan seperti saat ini,” ungkapnya.

Kepala Desa Kebondalem, Iksan SH, kepada Memorandum menjelaskan, festival arung kanal tanpa dibantu Pemkab Banyuwangi, tetap harus jalan sesuai jadwal yang sudah disepakai bersama. “Untuk tahun yang akan datang Pemerintah Desa dan Panitia kembali tetap akan menggelar festival arung kanal. Namun hanya menggunakan anggaran swadaya masyarakat dan pihak sponsor yang mempunyai kepedulian terhadap budaya Desa Kebondalem,” kata Kades. (swa/bud)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

 

Categorised in:

No comment for Tanpa Bantuan Pemerintah Arung Kanal Terus Berjalan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*