Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » EKONOMI » Tambang Emas Tumpangpitu Segera Berproduksi

Tambang Emas Tumpangpitu Segera Berproduksi

(852 Views) December 11, 2016 9:37 am | Published by | No comment

Kesibukan di area Pertambangan di Gunung Tumpang Pitu Banyuwangi (ft. ist/net)

Banyuwangi, Memorandum – Proses penambangan emas di Gunung Tumpangpitu, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, oleh PT Banyuwangi Suksesindo (BSI), segera memasuki fase produksi setelah tahapan konstruksi dipastikan rampung pada Desember depan. Demikian disampaikan oleh Manager External Affair PT BSI, Bambang Wijonarko, kepada sejumlah awak media di Lokasi Wisata Hutan Pinus, Songgon, Minggu (27/11) kemarin.

Bambang menjelaskan, awal produksi penambangan emas Tumpangpitu dipastikan akan dimulai pada Februari 2017 mendatang, setelah fase konstruksi dinyatakan selesai. Dalam kesempatan tersebut, Bambang menyatakan, berbagai penjelasan tentang tahapan-tahapan proses penambangan yang dilakukan PT BSI, sengaja disampaikan kepada awak media sebagai bentuk laporan publik yang harus disampaikan secara terbuka kepada masyarakat.

Disinggung tentang kekhawatiran sebagian kalangan tentang adanya limbah produksi penambangan, Bambang kembali menegaskan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir karena proses produksi yang dilakukan PT BSI tidak menghasilkan limbah. “Kami maklum tentang kekhawatiran masyarakat akan adanya limbah tersebut. Tetapi perlu kami jelaskan, bahwa proses produksi yang akan dilakukan PT BSI tidak menghasilkan limbah apapun meski dalam proses pelindihan (heap leach) batuan tambang yang diambil, tetap akan menggunakan Cyanida. Karena yang digunakan adalah Cyanida industri sesuai dengan SNI (Standar Nasional Indonesia, red.). Dan air yang sudah bercampur cyanida dalam proses pelindihan, tidak akan dibuang, tetapi dilakukan proses sirkulasi dan digunakan kembali,” jelasnya.

Dijelaskan, limbah yang dihasilkan baru pada saat dilakukan pemurnian. Menurut Bambang, produk akhir yang dihasilkan dari penambangan Tumpangpitu ini hanya dalam bentuk Bulion, yakni cairan dari hasil pelindihan batuan yang kemudian dipadatkan. “Jadi hasil akhir yang diproduksi PT BSI disini tidak langsung berbetuk emas atau mineral lainnya, tetapi masih dalam bentuk Bulion. Selanjutya, Bulion akan dikirim ke PT Anak Tambang (Antam) di Jakarta untuk dilakukan pemurnian. Setelah melalui proses pemurnian itulah, baru dihasilkan emas, perak atau kandungan mineral lainnya,” jelasnya.

Tentang indikasi adanya kandungan uranium pada batuan tambang di Gunung Tumpangpitu, menurut Bambang, sejauh ini tidak ditemukan kandungan uranium di Tumpangpitu. “Sejauh ini tidak ditemukan kandungan uranium sebagaimana isu yang beredar. Kalaupun ada, pasti akan disampaikan secara terbuka kepada masyarakat. Dan tentunya PT BSI juga harus merubah perizinan yang sudah ada. Tetapi sejauh ini tidak ada temuan kandungan uranium. Selama ini, seluruh aktifitas PT BSI disini selalu dilaporkan ke pusat,” kata Bambang. (bud)

Sumber | skhmemorandum.com

Categorised in:

No comment for Tambang Emas Tumpangpitu Segera Berproduksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*