Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PARIWISATA » Taman Blambangan Akan Di Revitalisasi

Taman Blambangan Akan Di Revitalisasi

(814 Views) March 30, 2016 10:43 am | Published by | No comment
Jpeg

Rencana pembangunan untuk me-revitalisasi Taman Blambangan, dipaparkan oleh Arsitek

Banyuwangi, Memorandum – Setelah dilakukan penataan dan penyediaan berbagai fasilitas sejak tahun 2012 lalu hingga kini, Taman Blambangan yang merupakan salah satu ruang terbuka publik di jantung kota Banyuwangi, rencananya akan kembali di-revitalisasi menginggat semakin luasnya fungsi Taman Blambangan. Hal ini disampaikan Bupati Abdullah Azwar Anas saat berdiskusi serta mendengarkan paparan dari 3 arsitek kondang, Yori Antara, Adi Purnomo dan Supie Yoladi. Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas PU Binamarga, Cipta Karya dan Tata Ruang, Ir H Mujiono, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan, H Arief setiawan, beserta seluruh jajarannya.“ Desain ruang publik ini tidak bisa lama-lama. Kalau tidak direview, orang akan bosan melihat yang itu-itu saja. Namun yang penting sudah jutaan orang telah menikmati Taman ini. Maka facenya harus sering di-refresh,” kata Bupati Anas saat memberikan sambutan pembuka dalam acara diskusi di Pendestrian Taman Blambangan, Selasa (29/3) kemarin.

Diskusi dan paparan membedah desain Taman Blambangan yang akan diproyeksikan sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH) utama di Banyuwangi tersebut, sengaja mengundang 3 arsitek untuk memaparkan konsep grand desain Taman Blambangan yang dapat terkoneksi dengan beberapa bangunan bersejarah disekelilingnya seperti; Asrama Inggrisan, Gedung Wanita, Pendopo, Taman Sritanjung, pasar dan yang lainnya.

Arsitek Yori Antara dalam paparan menjelaskan, tanah lapang di Taman Blambangan rencananya akan diangkat setinggi 2 Meter dan digali sedalam 2 Meter juga. Sehingga di sekelilingnya akan dibangun tangga trap. Sedang ruang bawah akan dikonsep sebagai ruang terbuka yang berfungsi sebagai ruang perpustakaan, ruang pamer atau kegiatan lainnya. “Konsep horizontal Taman Blambangan ini nanti akan menjadi satu-satunya model pertama di Indonesia sebagai alun-alun yang fungsional, yang terkoneksi dengan kawasan heritage,” jelasnya.

Dalam garis besar proyeksi revitalisasi, Taman Blambangan seluas 1,5 Hektar tersebut akan dibentuk seperti layaknya Tugu Monas di Jakarta, namun tetap dengan menjunjung dan mengedepankan kearifan lokal. (ydi)

Sumber : Koran Harian Memorandum

Categorised in:

No comment for Taman Blambangan Akan Di Revitalisasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*