Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PEMERINTAHAN » Susun Rancangan Anggaran, Badan Pemberdayaan Masyarakat Gelar Bimtek

Susun Rancangan Anggaran, Badan Pemberdayaan Masyarakat Gelar Bimtek

(365 Views) March 2, 2017 10:35 pm | Published by | No comment

– Kegiatan Bimtek yang digelar BPMPD. (Memorandum – Irham Kusuma)

Banyuwangi, Memorandum – Badan Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Banyuwangi menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang evaluasi  peraturan desa bagi pembina pengelola keuangan desa. Acara yang digelar di Hotel Ikhtiar Surya Banyuwangi sejak tanggal 1 – 2 maret itu diikuti sejumlah kecamatan di Kabupaten Banyuwangi yang memiliki desa.

Kabid Pemberdayaan Desa BPMPD Kabupaten Banyuwangi Ahmad Faishol, melalui Kasi Keuangan Dan Aset Desa Ida Fauzia mengatakan, beberapa materi yang diperdalam dalam bimtek ITU yaitu tentang sistem  penyusunan  peraturan desa. Tentang cara menyusun Rencana anggaran Biaya (RAB) yang benar, sesuai dengan pembangunan yang akan dilaksanakan, terutama pembangunan fisik. Tentang pengawasan pengelolaan  keuangan desa,  serta  materi tentang tindak pidana korupsi. “Nanti kan ada APBDes yang didalamnya banyak angaran, materinya ini banyak untuk menunjang itu,” jelasnya.

Tujuan bimtek lanjut Ida, untuk menyamakan persepsi kepada seluruh aparatur yang ada ditingkat kecamatan tentang bagaimana cara menyusun peraturan desa dan cara menyusun anggaran pendapatan belanja desa sesuai aturan. Sebab terkadang daya terima masyarakat tentang beberapa hal tersebut berbeda – beda. “Puluhan peserta yang mengikuti bimtek ini mulai Camat hingga Kasi,” ujarnya .

Adapun sejumlah pemateri yang hadir dalam acara yang digelar selama dua hari itu dinataranya  dari  BPMD Kabupaten Banyuwangi, Bagian Hukum Pemda dan  Inspektorat.

Sementara itu salah satu peserta dari Kecamatan Purwoharjo Antonio Cornelis mengatakan, dengan digelarnya bimtek tersebut pihaknya mengaku sangat terbantu. Sebab menurutnya banyak wawasan baru yang didapatkan, seperti salah satunya tentang Dana Desa (DD) .

“Di sini dijelaskan dana desa itu penggunaanya harus sesuai dengan peruntukannya,” cetusnya. (ham/*)

Sumber | skhmemorandum.com

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Susun Rancangan Anggaran, Badan Pemberdayaan Masyarakat Gelar Bimtek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*