Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PENDIDIKAN » Sukseskan Implementasi Kurikulum 2013 Pemerintah Siapkan 240 Juta Buku Gratis

Sukseskan Implementasi Kurikulum 2013 Pemerintah Siapkan 240 Juta Buku Gratis

(907 Views) June 6, 2014 2:38 am | Published by | No comment

kurikulum bwiBANYUWANGI  –  Penerapan kurikulum 2013  bertujuan untuk menciptakan generasi yang kreatif. Hal ini disampaikan Sekeretaris Jendral Pendidikan Kemendikbud, Prof. Ainun Na’im,Phd saat mensosialisaikan kurikulum 2013 di Kampus Poliwangi, Jumat (6/6). acara tersebut turut dihadiri Sekretaris kabupaten Slamet Kariyono, Direktur Polteknik Banyuwangi Asmuji dan Direktur Politeknik Jember.

Ainun mengatakan saat ini hasil sebuah kreatifitas sangat dihargai. Dia mencontohkan perusahaan-perusahaan dunia yang berangkat dari kreatifitas nilainya lebih mahal ketimbang lainnya. “Perusahaan Whatsapp salah satu media sosial yang sedang trend yang hanya punya 50 karyawan saja nilainya 200 miliar dollar, lebih mahal dari total aset perusahaan otomotif di Amerika, ” kata Ainun.

Untuk itu dengan jumlah 50 juta siswa sekolah di Indonesia, perlu didorong agar lahir anak-anak yang kreatif dan kelak mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri. “Kita ingin lahir generasi yang mampu mencipta sebuah karya bukan hanya menjadi pekerja,” ujarnya.

Tidak hanya kreatif, kurikulum 2013 juga dibuat untuk menciptakan generasi yang produktif, inovatif dan afektif. Caranya dengan penguatan sikap, ketrampilan dan pengetahuan. “Kurikulum 2013 merangkum ketiganya melalui metode pembelajaran yang berbeda dari biasanya, “ kata Ainun.

Ainun mencontohkan, cara mengajar pada kurikulum ini tidak lagi secara tatap muka dimana guru memberikan ceramah kepada siswa. Namun di dalam kelas dibentuk kelompok-kelompok belajar sehingga ada interaksi, diskusi dan saling bertukar pendapat ketika pelajaran berlangsung. “Guru berperan untuk mengawasi dan memecah kebuntuan ketiika interaksi itu tidak berjalan,” kata Ainun

Sementara itu untuk menunjang implementasi kurikulum 2013 Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menyiapkan 240 juta buku. Jumlah tersebut untuk memenuhi beberapa mata pelajaran bagi tiap siswa baik di jenjang SD, SMP dan SMA.  Ainun pun menegaskan kalau semua buku tersebut disediakan oleh pemerintah alias gratis. “Untuk mendapatkan buku tersebut, sekolah membelinya dengan dana BOS (biaya operasional sekolah) dengan cara memesan melalui penerbit yang telah ditunjuk. Saat ini dana BOS sudah cair di sekolah-sekolah. Sekolah tinggal pesan buku-buku yang dibutuhkan,” kaya Ainun.

Dari total dana BOS yang diterima sekolah, jumlah yang dipakai untuk membeli buku kurikulum 2013 nilainya kurang lebih hanya 5 persen. “Nilai totalnya saya lupa tapi harga buku-buku itu untuk SD sampai SMA perbukunya berkisar Rp 8000, Rp 18000 dan Rp. 25 ribu. Seiring implementasi menyeluruh kurikulum 2013, kedepan kita akan menambah jumlah dana BOS hingga bisa sampai 10 persen untuk alokasi pembelian buku,” ujarnya.

Ainun menambahkan pemerintah mentargetkan implementasi kurikulum 2013 akan bisa dilaksanakan secara menyeluruh di semua tingkat jenjang SD-SMA pada 2015 mendatang. Sementara untuk tahun 2014 ini implementasi untuk tingkat SD hanya di kelas 1,2,4 dan 5, jenjang SMP di kelas 7 dan 8 serta SMA kelas 10 dan 11.

Tidak hanya menyediakan buku secara gratis, untuk mendukung keberhasilan implementasi kurikulum 2013 Kemendikbud juga mengadakan pelatihan kepada 1,3 juta guru pada bulan Juni ini. Para guru ini akan menempuh pelatihan selama 52 jam. “Tidak hanya berhenti pada pelatihan, namun para guru akan terus didampingi dan dievaluasi untuk melihat keefektifan cara mengajar,” ungkap Ainun. (Humas Protokol)

Categorised in:

No comment for Sukseskan Implementasi Kurikulum 2013 Pemerintah Siapkan 240 Juta Buku Gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*