Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » POLITIK » Su-Si ‘Belum Legowo’ Anas-Yusuf Menang

Su-Si ‘Belum Legowo’ Anas-Yusuf Menang

(628 Views) December 14, 2015 3:02 pm | Published by | No comment
Su Si Belum Legowo

Ir Sumantri Sudomo, Cabup peserta Pemilukada Banyuwangi 2015 (kiri) Syamsul Arifin, S.Pd.I Ketua KPU Banyuwangi (kanan)

Banyuwangi, Memorandum – Meski masih harus menunggu penghitungan manual dari KPU Banyuwangi yang dijadwalkan antara tanggal 17-18 Desember mendatang, namun masyarakat sudah mulai mengetahui hasil akhir Pemilukada Banyuwangi serentak 9 Desember 2015 lalu. Sebagaimana dirilis oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI), pasangan Abdullah Azwar Anas – Yusuf Widyatmoko (Dahsyat) berhasil menangguk suara pemilih sebesar 88,82 persen dari suara sah. Sementara rivalnya, pasangan Sumantri Sudomo – Sigit Wahyu Widodo (Su-Si) hanya kebagian sebesar 11,18 persen.

Hasil hitung cepat (Quick Count) LSI ini juga dikuatkan oleh data “SMS Real Count” yang dirilis oleh DPC PDI Perjuangan Banyuwangi. Data SMS Real Count PDI Perjuangan menyebutkan, pasangan Dahsyat memperoleh suara pemilih sebesar 88,81 persen dari suara sah, yang hanya selisih 0,001 persen dari data LSI.

Namun demikian, pasangan Su-Si ternyata belum dapat sepenuhnya menerima hasil perhitungan perolehan suara tersebut. Pihak Su-Si menyatakan masih akan mempelajari keganjilan-keganjilan yang ditemukan oleh timnya di lapangan.

Dihubungi Memorandum, Minggu (13/12) kemarin, Ir Sumantri Sudomo menyatakan, pihaknya menemukan adanya beberapa keganjilan berupa; selebaran-selebaran yang terstruktur dan massiv yang dilakukan pihak rival sehingga dianggapnya berpengaruh terhadap hasil perolehan suara. “Kita masih akan mempelajari data-data yang kita temukan di lapangan. Kita melihat, ada ‘sistem’ yang dimainkan,” kata Sumantri Sudomo.

Menanggapi masalah tersebut, Ketua KPUD Banyuwangi, Syamsul Arifin, S.Pd.I, menyatakan, proses pelaksanan pemungutan suara Pemilkada sudah dilaksanakan secara prosedural dan transparan.

“Kita sudah melaksanakannya secara prosedural dan terbuka. Masyarakat bisa mengikuti semua prosedur itu secara transparan. Demikian juga pada saat rekap perhitungan di masing-masing TPS, ada saksi, ada Panwas, dan juga masyarakat yang bisa melihat secara langsung. Kalaupun ada yang keberatan dengan hasil perolehan suara itu, ya silahkan pakai prosedurak. Ada Form yang disediakan KPU untuk menyampaikan keberatan tersebut,”. (bud)

Sumber : Koran Harian Memorandum

Categorised in:

No comment for Su-Si ‘Belum Legowo’ Anas-Yusuf Menang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*