Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » BANYUWANGI FESTIVAL » Student Jazz Festival Tampilkan Aransemen Lagu Khas Banyuwangi

Student Jazz Festival Tampilkan Aransemen Lagu Khas Banyuwangi

(824 Views) April 25, 2016 10:07 am | Published by | No comment
Banyuwangi Student Jazz Festival

– Bupati Abdullah Azwar Anas, bersama para peserta saat penutupan acara festival

Banyuwangi, Memorandum – Pagelaran ‘Banyuwangi Student Jazz Festival’ berakhir Sabtu (23/4) malam. Festival ini membawa harapan baru bagi perkembangan musik jazz di Indonesia, khususnya Banyuwangi. Gitaris Jazz Nasional yang menjadi salah satu juri festival, Nikita Dompas, mengatakan, dia melihat banyak bakat yang menjanjikan dari band-band pelajar tersebut. Sebagai pemula di jalur jazz, mereka dianggap sudah menunjukkan potensi besar yang masih bisa terus diperdalam lagi.

Hal senada juga diungkapkan Indra Azis, yang juga menjadi juri dalam festival tersebut. Menurutnya, semua peserta yang tampil, yang sebagian besar dari Banyuwangi sendiri, masih bisa terus berkembang. “Luar biasa, semua peserta sangat bisa terus berkembang. Beberapa sudah menonjol. Bahkan saya udah kebayang, mereka bisa tampil di even-even yang lebih besar misalnya saja Java Jazz. Sangat layak,” ungkap Indra, yang merupak vocal coach dari sejumlah artis nasional seperti Raisa, Andien dan Afghan.

Namun, yang paling mendapat apresiasi tinggi dari kedua musisi tersebut adalah antusiasme pendaftar yang mencapai 41 grup band. Banyaknya jumlah peserta, kata Nikita Dompas, menunjukkan adanya passion yang tinggi akan musik dari para pelajar Banyuwangi. Ini sangat penting sebagai pondasi untuk masuk lebih dalam ke genre musik tertentu misalnya Jazz, seperti tema festival saat ini. “Diibaratkan ketertarikan pada musik itu tulangnya dan Jazz adalah kulitnya, kalau tulangnya kuat mau kulit apa saja bisa,” kata Nikita, yang mepakan Music Director Java Jazz 2016.

Panggung Student Jazz Festival malam tadi benar benar menjadi panggung ekspresi bagi para pelajar Banyuwangi. Enam band pelajar terbaik menampilkan aksi musik perform yang tidak kalah dari musisi jazz profesional. Meski pemula di jalur musik ini, mereka mampu menampilkan skill musik yang sangat baik. Deretan lagu lagu khas Banyuwangi seperti; Ulan Andung-andung, Cemeng-cemeng Manggis serta beberapa lagu populer lainnya, ibawakan dengan aransemen jazz yang kental. Bahkan salah satu band pelajar mampu mengkombinasikan aransemen musik jazz dengan alat musik tradisional. Hasilnya,  pertunjukkan musik yang unik sekaligus apik. “Jazz adalah ekspresi kami. Beginilah kami menampilkan ragam musik kami,” teriak Larasati, salah satu vokalis bend peserta, di tengah-tengah penampilannya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Abdullah Azwar Anas menginginkan agar masyarakat Banyuwangi tidak hanya sekedar menjadi penonton. ”Empat tahun telah digelar jazz di sini. Saatnya tahun ini masyarakat Banyuwangi harus bisa menjadi pemain utama. Kami pun memantapkan diri membuat student jazz ini sebagai bagian dari rangkaian Banyuwangi Festival 2016,” kata Bupati Anas. (bud/hum)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Student Jazz Festival Tampilkan Aransemen Lagu Khas Banyuwangi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*