Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » LAROS » Stasiun Kereta Api Singojuruh & Temuguruh BANYUWANGI

Stasiun Kereta Api Singojuruh & Temuguruh BANYUWANGI

(756 Views) January 24, 2017 11:00 pm | Published by | No comment

Banjoewangie Tempo Doeloe | Stasiun Singojuruh (SGJ) merupakan stasiun kereta api kelas III/kecil yang terletak di Singojuruh, Banyuwangi. Stasiun yang terletak pada ketinggian 160 meter dari permukaan laut ini termasuk dalam Daerah Operasi IX Jember. Stasiun ini memiliki tiga jalur dengan jalur 2 sebagai sepur lurus. Stasiun ini berdampingan dengan gudang milik PT Petrokimia Gresik.Hanya satu kereta api yang berhenti di stasiun ini, yaitu KA Pandanwangi.
—————————————————————————-
Stasiun Temuguruh (TGR) adalah sebuah stasiun kereta api kelas II yang berdiri di Gendoh, Sempu, Banyuwangi. Meski stasiun ini bernama Temuguruh, secara administratif stasiun ini berada di Desa Gendoh yang berbatasan langsung dengan Desa Temuguruh. Stasiun yang terletak pada ketinggian +196 m ini termasuk dalam Daerah Operasi IX Jember. Stasiun ini memiliki tiga jalur dengan jalur 2 sebagai sepur lurus, jalur 1 yang saat ini tidak bisa digunakan, sedangkan jalur 3 untuk persilangan atau persusulan antarkereta api.
—————————————————————————
SEKELUMIT SEJARAH KERETA API DI BANYUWANGI

Pembangunan Rel kereta api Kalisat-Banyuwangi merupakan jalur yang paling akhir dibangun di Jawa Timur sekitar tahun 1901-1912. Dengan dibukanya jalur kereta Kalisat-Banyuwangi akan menambah pendapatan negeri Belanda itu karena daerah Banyuwangi salah satu daerah paling subur di Jawa. parlemen Belanda Menyetujui dana untuk pembangun terowongan Kumitir Tahun 1901. Melalui perusahaan kereta api yang dibangun Pemerintah Hindia-Belanda, Staats Spoorwegen ( SS ). Terowongan Mrawan sepanjang 690 meter yang selesai hingga tahun 1910.

Dari Kalibaru jaringan kereta api memanjang hingga ke Rogojampi melewati Stasiun Krikilan, Glenmore, Kempit, Sumberwadung, Kalisetail, Temuguruh, dan Singojuruh. Kemudian, dari Stasiun Rogojampi lintasan terbagi menjadi dua yakni Rogojampi – Banyuwangi dan Rogojampi – Benculuk. Lintasan Rogojampi – Banyuwangi melewati Rogojampi, Kabat, Dadapan, Jalan Raya S. Parman, Sobo, Kertosari, lalu berakhir di Stasiun Banyuwangi Lama di Kelurahan Karangrejo. Rel terus berlanjut melintasi Pasar Pujasera hingga masuk ke Pelabuhan Boom. Di pelabuhan ini terdapat turn-table untuk membalik lokomotif kereta.
Sumber@google

Oleh : MunawirBanjoewangie Tempo Doeloe

Categorised in:

No comment for Stasiun Kereta Api Singojuruh & Temuguruh BANYUWANGI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*