Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PEMERINTAHAN » SKPD Pemkab Banyuwangi Lamban Siapkan RKA

SKPD Pemkab Banyuwangi Lamban Siapkan RKA

(728 Views) August 3, 2016 3:58 pm | Published by | No comment
Pembahasan KUPA

Suasana sidang bedah APBD Komisi I dengan SKPD Pemkab Banyuwangi

Banyuwangi, Memorandum – Empat Komisi di DPRD Kabupaten Banyuwangi, tampaknya sudah bosan dengan sikap maupun kinerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, yang selalu terlambat menyiapkan Rencana Kerja Anggaran (RKA) kepada dewan.

Dari hasil rapat kerja pembahasan KUPA-PPAS Perubahan APBD Banyuwangi Tahun Anggaran 2016, yang dilakukan empat Komisi DPRD, masih banyak ditemukan selisih anggaran antara yang tertera di Dokumen KUPA-PPAS Perubahan APBD, dengan hasil keterangan yang disampaikan kepala SKPD saat rapat. Dan yang lebih memprihatinkan, beberapa perangkat daerah tersebut belum menyiapkan RKA.

Ketua Komisi I, Ficky Septalinda mengatakan, penjelasan terkait pengajuan anggaran yang disampaikan Kepala SKPD dalam rapat dengan dokumen KUPA-PPAS, ada selisih nilai anggaran yang cukup besar, contohnya di Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB, pagu anggaran dalam APBD induk sebesar Rp. 925.477.825 dan setelah Perubahan APBD menjadi Rp. 3.358.787.825, berarti ada penambahan anggaran sebesar Rp. 2.517.296.000. Namun penjelasan dari Kepala BPPKB, Pua Jiwa dalam rapat, mengaku hanya mengajukan tambahan anggaran yang jumlahnya  ratusan juta rupiah. Begitupun juga dengan Perubahan anggaran di Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-PD), Dispendukcapil ada selisih nilai yang belum dapat dijelaskan,karena kendalanya SKPD belum menyiapkan Rencana Kerja Anggaran.

“ Beberapa mitra kerja Komisi I belum menyiapkan rencana kerja anggaran, padahal RKA sangat penting sebagai refrensi ketika pembahasan KUPA-PPAS Perubahan APBD” Ucap Ficky Septalinda saat dikonfirmasi Memorandum, Selasa (2/08/2016) di Gedung DPRD.

Rapat Kerja Komisi III menilai, pengalian potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) masih belum maksimal. Dan target kenaikan PAD selama ini masih terkesan diatur.  “ Kenaikan PAD hanya 10 persen setiap tahun “  Ucap Ketua Komisi III, Ir. Basuki Rachmad.

Berikutnya hasil rapat kerja Komisi IV bersama mitra kerjanya, yakni DPU Binamarga CKTR, Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Dispora, Dipendik, dan  Lingkungan Hidup masih ditemukan beberapa program kegiatan SKPD yang kurang transparan. Judul kegiatan yang tertera dalam dokumen KUPA-PPAS bisa disalah artikan oleh masyarakat luas.

“Penyusunan KUPA-PPAS oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah kurang singkron dengan program yang diajukan SKPD, apa hal ini disebabkan kurangnya komunikasi” ungkap wakil Ketua Komisi IV, Salimi.

Dicontohkan judul program kegiatan Di Dinas Kebersihan dan Pertamanan yang langsung tertulis pengadaan LPJU se Kabupaten Banyuwangi senilai Rp 30 Milyar lebih, tidak menjelaskan secara rinci titik lokasi kegiatan dan pagu anggaran dimasing-masing titik lokasi.

“Gelondongan ya gelondongan namun harus dijelaskan, karena judul juga pengaruh dengan pelaksanaan di lapangan” tegas Salimi.

Selain itu Komisi IV juga menekankan kepada Dinas Kebersihan Pertamanan untuk memperhatikan dengan serius persolan sampah di Kabupaten banyuwangi yang semakin emergensi, Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) sudah semakin memprihatikan. Komisi IV berharap program penanggulangan sampah, utamanya penyediaan lahan TPSA sudah terealisasi di Tahun 2017.

Sementara Ketua DPRD, I Made Cahyana Negara, SE, mengatakan, pembahasan KUPA-PPAS Perubahan APBD Banyuwangi Tahun 2016, diawali dengan pencermatan oleh masing-masing Komisi dengan mitra kerjanya. Selanjutnya hasil pencermatan yang dilakukan Komisi dijadikan refrensi oleh Badan Anggaran, sehingga segala bentuk temuan, nantinya dibahas kembali antara Banggar DPRD dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah.

“Masing-masing Komisi kan mengiventarisir hasil pembahasan yang selanjutnya dibahas badan Anggaran, semoga apa yang dilakukan teman-teman komisi dalam pembahasan tersebut lebih mengutamakan kepentingan masyarakat” ucap Made Cahyana mengakhiri wawancaranya. (ydi)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for SKPD Pemkab Banyuwangi Lamban Siapkan RKA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*