Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » POLITIK » Situasi Pilkada Banyuwangi Aman, POLRI – TNI Tetap Jangan Lengah

Situasi Pilkada Banyuwangi Aman, POLRI – TNI Tetap Jangan Lengah

(733 Views) October 8, 2015 10:51 am | Published by | No comment

Keamanan Pilkada BanyuwangiBanyuwangi, Memo – Terkait situasi politik di Banyuwangi, diharapkan Intelkam Polda Jatim kepada jajaran di Polres Banyuwangi tetap siaga dan selalu menyerap informasi di bawah. Kondisi politik dan keamanan jelang Pilkada 9 Desember, terbilang cukup kondusif. Belum ada tanda level konflik di akar rumput yang memuncak.

Pernyataan ini ditegaskan Kanit II Subdit I Ditintelkam Polda Jatim Kompol Bambang S Yantono diwakili Kapolres AKBP Bastoni Purnama, S.I.K di hadapan anggota tiga pilar Kabupaten Banyuwangi, belum lama ini.

Menurut perwira dengan satu melati di pundak itu, tingkat kerawanan konflik yang sempat dikhawatirkan sejauh ini belum terbukti. “Letupan konflik yang muncul justru terjadi di Tuban.  Kabar itu kami terima sebelum berangkat ke sini,” terang Kompol Bambang S. Yantono saat memberikan paparan di halaman pendopo kabupaten.

Ketenangan ini tak lepas dari peran tiga pilar, yakni TNI, Polri dan aparatur pemerintahan yang di jajaran terendah ada Babinsa, Bhabinkamtibmas, serta kepala desa.

“Asal tiga pilar tahu tugas yang diemban, pemilukada Banyuwangi insya Alloh dijamin aman. Selain itu TNI dan Polri harus netral. Jangan tanya lagi boleh jadi tim sukses apa nggak. Jawabannya jelas tidak boleh,” tegasnya mewakili Dirintelkam Polda Jatim yang berhalangan hadir.

Akhir tahun ini, ada 19 kabupaten/kota yang akan menggelar pemilukada. Kabupaten terakhir yang dipastikan masuk mengikuti pesta demokrasi itu adalah Kabupaten Blitar.

Menurut Kapolres Banyuwangi AKBP Bastoni Purnama SIK , Keamanan Bumi Blambangan jelang pemilukada ini karena kekompakkan tiga pilar. Kunci sukses itu dibangun lewat jalur komunikasi.

“Baik buruk Banyuwangi tergantung kita, unsur tiga pilar. Maka mari sama-sama membangun kebersamaan untuk mencegah terjadinya konflik,” pintanya saat giliran memberikan petuah.

Sebab, aksi kejahatan akan muncul kapan saja. Dari jaman nabi saja masalah sudah muncul. Apalagi saat ini di era ketiadaan nabi, konflik itu akan tetap ada. Tugas pencegahan tersebut ada di tangan tiga pilar.

Tanggung jawab penyelesaian konflik tidak bergantung pada polisi. Semua unsur tiga pilar harus Proaktif ,” terangnya.

Pertemuan ini dihadiri semua unsur tiga pilar di wilayah desa, kecamatan hingga kabupaten. Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Mangupul Hutajulu, Danlanal Letkol (Laut) Wahyu P Indrawan, Bupati Banyuwangi Abadullah Azwar Anas, Kepala Pengadilan Negeri Banyuwangi Bakrie SH, dan Kajari Banyuwangi A A Adyana SH MH  juga hadir. Dalam pertemuan itu, Bupati Banyuwangi Abdullah  Azwar Anas menjadi pendengar yang baik. Dia hanya memberikan sambutan singkat karena masa tugasnya akan segera berakhir 23 Oktober 2015 mendatang. (mam)

Sumber : Koran Harian Memorandum Jaya Blambangan

Categorised in:

No comment for Situasi Pilkada Banyuwangi Aman, POLRI – TNI Tetap Jangan Lengah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*