Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PEMERINTAHAN » Sidang E-Tilang Tak Perlu Dihadiri Pelanggar

Sidang E-Tilang Tak Perlu Dihadiri Pelanggar

(377 Views) April 21, 2017 1:19 pm | Published by | No comment

Humas Pengadilan Negeri Banyuwangi Heru Setiyadi

Banyuwangi, Memorandum – Menyusul pemberlakukan sistem E-tilang, Pengadilan Negeri Banyuwangi akan menerapkan sidang pelanggaran lalu lintas tanpa dihadiri pelanggarnya. Sistem Ini akan mulai diberlakukan mulai pekan depan. Sehingga tidak ada lagi sidang pelanggaran lalu lintas atau biasa disebut sidang tilang.

Humas Pengadilan Negeri Banyuwangi Heru Setiyadi menyatakan, pemberlakuan sidang tilang tanpa dihadiri pelanggar itu didasarkan pada Peraturan Mahkamah Agung nomor 12 tahun 2016 tentang E-tilang. “Pelanggar bisa langsung melihat putusan di papan pengumuman atau pada situs pn-banyuwangi.go.id pada hari yang sama pelaksanaan sidang pelanggaran lalu lintas itu,” ujarnya.

Dalam putusan tersebut, lanjut Heru Seyadi, tercantum denda yang harus dibayar pelanggar. Untuk pembayaran denda dilakukan pada Bank BRI cabang atau petugas Kas Kejaksaan. Setelah melakukan pembayaran maka pelanggar bisa langsung mengambil barang bukti yang disita sebagai jaminan di kantor Kejaksaan.

Bagaimana dengan pelanggar yang sudah membayar uang titipan di Bank BRI? Menjawab pertanyaan ini, Heru menyatakan, pelanggar bisa mengecek denda berdasarkan putusan  yang ditetapkan pengadilan. Jika denda yang diputuskan lebih rendah, maka selisih uang titipan bisa langsung diambil di Bank BRI Cabang Banyuwangi. “Pengambilan uang selisih dilakukan dengan membawa bukti putusan terlampir,” bebernya.

Lebih jauh, Heru menambahkan jika ada pelanggar yang mengajukan keberatan atas pelanggaran yang ditentukan petugaas Kepolisian, maka pelanggar bisa mengajukan sidang keberatan. Pelanggar diminta menyampaikan keberatan di Pengadilan Negeri  Banyuwangi. “Sidang keberatan dilakukan mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 220.00 WIB,” jelasnya.(*/jai)

Sumber | Surat Kabar Harian Memorandum

Categorised in:

No comment for Sidang E-Tilang Tak Perlu Dihadiri Pelanggar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*