Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » BUDAYA » Seni Dan Budaya Diusulkan Dalam Perda

Seni Dan Budaya Diusulkan Dalam Perda

(1353 Views) November 3, 2015 2:17 pm | Published by | No comment
Punjul Ismuwardoyo

Punjul Ismuwardoyo, S.Sen.

Banyuwangi, Memorandum – Sebagai daerah yang masyarakatnya multi-etnis dan memiliki kekayaan seni-budaya yang beragam, Kabupaten Banyuwangi termasuk minim dalam hal regulasi yang mengatur masalah tersebut. Akibatnya, tidak sedikit khasanah seni-budaya dan ritual tradisional masyarakat Banyuwangi yang mengalami distorsi dan kurang mendapatkan perlindungan. Untuk kepentingan tersebut, seniman tari yang saat ini tercatat sebagai Anggota Komisi II DPRD Banyuwangi, Punjul Ismuwardoyo, S.Sen., beberapa waktu lalu telah mengusung masalah tersebut untuk diusulkan menjadi sebuah Peraturan Daerah (Perda)

“Kabupaten Banyuwangi ini kan masyarakatnya multi-etnis. Semua memiliki seni-budaya dan kultur yang berkembang dilingkungan masing-masing. Untuk kepentingan mengayomi, merawat dan melestarikan kekayaan itu, maka Perda seperti itu sangat penting. Dan usulan saya sudah disetujui dalam rapat paripurna untuk dimasukkan dalam daftar Prolegda (Program Legislasi Daerah) 2016. Artinya, kita akan segera memiliki tata-cara dan aturan-aturan tentang bagaimana mengatur, merawat, mengawasi dan sekaligus upaya melestarikan kekayaan seni-budaya yang ada,” jelas Punjul, Senin (2/11) kemarin.

Menurut Punjul, Raperda tentang Perlindungan Seni, Budaya dan Masyarakat Adat itu diharapkan akan menjadi patokan bagi semua pihak tentang bagaimana memberdayakan dan melestarikan kekayaan budaya yang merupakan warisan para leluhur itu.

“Yang perlu digaris-bawahi, bahwa Perda ini bukan eksklusif untuk kepentingan satu kelompok etnis saja, tetapi untuk semua etnis yang ada dan hidup di Banyuwangi. Kita tahu, disini ada etnis Madura yang juga berkembang dengan seni-budayanya sendiri. Juga ada etnis Jawa dengan kultur dan seni-budayanya. Melalui Perda ini pula, kita juga berharap akan ada rambu-rambu tentang bagaimana andil Pemerintah Daerah dalam hal merawat dan menangani pelestarisn seni-budaya, tanpa harus mendistorsi keutuhan seni-budaya itu sendiri,” kata Punjul. (bud)

Sumber : Koran Harian Memorandum

MEMORANDUM

Categorised in: ,

No comment for Seni Dan Budaya Diusulkan Dalam Perda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*