Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PEMERINTAHAN » Seleksi Direktur PDAM Banyuwangi Terbuka Atau Diam-Diam

Seleksi Direktur PDAM Banyuwangi Terbuka Atau Diam-Diam

(617 Views) January 16, 2017 5:00 pm | Published by | No comment

Kantor PDAM Banyuwangi

Oleh ;

Hariyadi

Proses seleksi dalam rangka pergantian direktur PDAM Kabupaten Banyuwangi, mulai menghangat, terutama dengan munculnya sejumlah nama baik dari internal maupun eksternal PDAM, yang berminat mengikuti rekrutmen jajaran direktur di perusahaan milik daerah ini.

Pjs direktur utama PDAM Banyuwangi sendiri, sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Banyuwangi, akan habis masa jabatannya pada bulan Februari 2017 mendatang. Namun hingga saat ini Pemerintah Daerah selaku pemilik perusahaan, maupun Dewan Pengawas, belum menunjukan sinyal atau tanda-tanda akan membentuk panitia seleksi pengisian direktur utama dan direktur teknis PDAM Banyuwangi periode 2017-2021. Padahal dalam ketentuan, tiga bulan sebelum masa jabatan direktur PDAM berakhir, Dewan Pengawas seharusnya sudah mengirimkan surat pemberitahuan kepada Bupati Banyuwangi selaku pemilik perusahaan air minum.

Bisa jadi, Pemerintah Daerah memiliki skema lain tentang proses rekrutmen direktur PDAM Banyuwangi periode mendatang, tidak lagi dilakukan secara terbuka, melainkan merekrut dari direksi internal atau penjaringan dari dalam BUMD itu sendiri. Namun seyogyahnya, dalam penjaringan maupun seleksi calon direktur PDAM dilaksanakan secara profesional, terbuka dan mengedepankan kompetensi serta melalui fit dan proper test yang ketat, karena direktur baru akan menentukan maju dan mundurnya PDAM kedepan.

Masyarakat Banyuwangi selaku pelanggan PDAM, sebagian besar berkeinginan pengisian jabatan direktur, dilakukan sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri No 2 Tahun 2017 tentang Organ dan Kepegawaian PDAM. Semua lapisan yang memiliki kompetensi dan punya niatan untuk memajukan PDAM Banyuwangi, memiliki kesempatan untuk mengikuti proses seleksi.

Sesuai dengan petunjuk Pasal 4 Permendagri No 2 Tahun 2007, syarat menjadi calon direktur PDAM diantaranya yang harus berpendidikan Sarjana Strata I (S-1), memilki pengalaman kerja 10 tahun bagi yang berasal dari PDAM, atau memiliki pengalaman kerja minimal 15 tahun mengelola perusahaan bagi yang bukan berasal dari PDAM, yang dibuktikan dengan surat keterangan (referensi) dari perusahaan sebelumnya dengan penilaian baik. Lulus pelatihan manajemen air minum didalam atau di luar negeri yang telah terakreditasi, dibuktikan dengan sertifikasi atau Ijazah. Tidak terikat hubungan keluarga dengan Kepala daerah/Wakil Kepala Daerah atau Dewan Pengawas atau Direksi lainnya sampai derajat ketiga menurut garis lurus atau kesamping, termasuk menantu dan ipar. Yang terakhir, harus  lulus uji kelayakan dan kepatutan yang dilaksanakan oleh tim ahli yang ditunjuk oleh Kepala Daerah.

Sehingga jangan sampai proses seleksi direktur PDAM Banyuwangi dirasuki kepentingan-kepentingan kelompok, golongan maupun politik dengan cara manipulasi, seperti halnya meloloskan calon yang tidak memenuhi syarat. (penulis adalah Wartawan Memorandum)

Sumber | skhmemorandum.com

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Seleksi Direktur PDAM Banyuwangi Terbuka Atau Diam-Diam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*