Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » KRIMINAL » Sekretaris Komisi IV, Salimi; Dump Truk Galian C Langgar Tonase

Sekretaris Komisi IV, Salimi; Dump Truk Galian C Langgar Tonase

(504 Views) June 30, 2016 6:46 pm | Published by | No comment
salimi

– Sekretaris Komisi IV, Salimi

Banyuwangi, Mermorandum – Rusaknya ruas jalan-jalan desa karena aktifitas hilir-mudik Dump Truk pengangkut material Galian C, mulai memancing perhatian berbagai kalangan. Sebagaimana yang terjadi selama ini, yang merasakan dampak langsung dari aktifitas angkutan pertambangan mineral Galian C itu adalah warga sekitar. Jalan yang menjadi rusak dan berlubang serta material yang berceceran dijalan-jalan, menjadi pemandangan sehari-hari di desa-desa yang memiliki lokasi pertambangan mineral Galian C.

erkait masalah tersebut, Sekretaris Komisi IV DPRD Banyuwangi, Salimi, berpendapat bahwa kerusakan jalanan desa yang dilalui Dump Truk  bukan karena pelanggaran kelas jalan, tetapi pelanggaran tonase muatannya. “Yang saya lihat selama ini, Dump Truk pengangkut material galian C dari lokasi pertambangan, rata-rata menggunakan ‘Colt Diesel’ yang standarnya sudah sesuai dengan kalas jalannya. Yang menjadi masalah, adalah tonase muatannya, yang bisa dipastikan selalu berlebih. Untuk standar Colt Diesel, standar tonasenya adalah 5 – 6 ton. Tetapi rata-rata dump truk itu mengangkut sekitar 8 – 10 ton,” kata Salimi, anggota Fraksi PDI Perjuangan yang juga memiliki latar-belakang sebagai pengusaha pertambangan mineral Galian C.

Aparat yang paling berwenang untuk menangani masalah tersebut, kata Salimi, adalah pihak Dinas Perhubungan dan Sat Lantas Polres. “Yang punya kewenangan untuk menindak ya Polantas dan Dishub. Pengusaha pemilik angkutan yang harus ditekan. Kalau menyangkut tonase, yang seharusnya dump truk masuk ke timbangan dulu. Dan di Banyuwangi ini yang ada hanya di Kalibaru sama di Watudodol,” jelasnya. (bud)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in: ,

No comment for Sekretaris Komisi IV, Salimi; Dump Truk Galian C Langgar Tonase

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*