Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PEMERINTAHAN » Sebelum Dilantik, Bupati Terpilih Diparipurna DPRD Banyuwangi

Sebelum Dilantik, Bupati Terpilih Diparipurna DPRD Banyuwangi

(429 Views) January 25, 2016 5:25 pm | Published by | No comment

Banyuwangi, Memorandum – Salah satu syarat untuk melengkapi berkas pelantikan Cabup-Cawabup terpilh dalam Pemilukada tahun 2015 adalah berita acara pelaksanaan rapat paripurna istimewa DPRD yang beragendakan pengumuman penetapan Calon Bupati dan wakil Bupati terpilih. Hal tersebut,sesuai dengan Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri Nomor : 100/140/SJ tertanggal 19 Januari 2015.

“ Kami baru menerima penjelasan adanya  SE Mendagri terkait dengan rapat paripurna istimewa DPRD tentang pengumuman Calon Bupati dan wakil Bupati terpilih” ucap Ismoko saat dikonfirmasi Memorandum, Minggu (24/01/2015) melalui telepon selulernya.

Ismoko mengungkapkan, DPRD melalui Sekretariat Dewan, sebelumnya telah menyampaikan surat tentang usul pengesahan,pengangkatan dan pelantikan pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Jawa Timur. Surat tersebut antara lain,akan menjadi dasar bagi Mendagri untuk melantik H. Abdullah Azwar Anas dan Yusuf Widyatmoko sebagai Bupati dan wakil Bupati Banyuwangi periode 2016-2021. Namun dengan adanya Surat Edaran itu, DPRD dituntut untuk melengkapi berita acara pelaksanaan rapat paripurna istimewa.

“Ternyata berkas yang telah kami sampaikan itu,harus dilengkapi dengan berita acara pelaksanaan rapat paripurna istimewa DPRD” ungkap Ismoko.

Disinggung mengenai kapan akan dilaksanakannya rapat paripurna istimewa itu, Ismoko  mengatakan masih menunggu hasil rapat Pimpinan dan fraksi  yang selanjutnya diusulkan dalam rapat Badan Musyawarah (Banmus) untuk menjadwalkan.

Dalam Surat Edaran Mendagri No: 100/140/SJ, pada angka 2 huruf b dsampaikan bahwa DPRD Kabupaten atau Kota mengumumkan dalam rapat paripurna istimewa hasil penetapan pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati serta Calon Walikota dan wakil Walikota terpilh oleh KPU Kabupaten atau Kota sebelum disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur.( ydi)

Sumber : Koran Harian Memorandum

Categorised in:

No comment for Sebelum Dilantik, Bupati Terpilih Diparipurna DPRD Banyuwangi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*