Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » KRIMINAL » Satlantas Polres Banyuwangi Sosialisasi Tertip Sparepart Motor

Satlantas Polres Banyuwangi Sosialisasi Tertip Sparepart Motor

(1046 Views) December 21, 2015 7:01 pm | Published by | No comment
Razia Knalpot Brong

Kanit Turjawali Ipda Ardhi (kiri) dan Kanit ops Lantas Banyuwangi Iptu H M Maharta (kanan) melakukan sosialisasi jemput bola terkait larangan knalpot racing di bengkel Junior Speed 99 Kelurahan Sobo milik Siswo.

Banyuwangi Memorandum – Kepadatan arus lalu lintas, dipicu kendaraan roda dua dan empat meningkat tinggi, jadi keprihatinan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Banyuwangi. Upaya menekan jumlah pelanggaran sehingga berakibat musibah kecelakaan diwilayah hukumnya, tim Satlantas mengadakan kegiatan sosialisasi jemput bola dengan mendatangi bengkel-bengkel maupun pedagang sparepart motor, Sabtu (19/12).

Meningkatnya jumlah kendaraan bersamaan dengan pertumbuhan remaja yang semakin menunjukkan jati dirinya. Satu diantara maraknya penggunaan knalpot racing untuk di gunakan  balap liar para remaja dimana kegiatan biasanya berlangsung pada malam hari, antara pukul 22.00 wib s/d 04.00 wib.

Kegiatan balap liar tersebut mendapat atensi keras dari pemerintah karena banyak masyarakat yang merasa tergaggu akibat kebisingan dengan mengunakan Knalpot racing  yang ditimbulkan dari kendaraan bermotor tersebut. Kebisingan dikarenakan sebagian besar dari mereka memodifikasi kendaraannya dengan menggunakan knalpot racing sehingga menimbulkan suara yang sangat keras dan meresahkan masyarakat.

Kapolresta Banyuwangi  AKBP Bastoni Purnama SIK didampingi Kasat Lantas AKP H Samirin SH  menyampaikan, Satlantas Polres  Banyuwangi telah melakukan sosialisasi dengan  mendatangi secara langsung   bengkel dan penjual sparepart motor. Melarang penggunaan knalpot racing dan ban kecil  melalui surat edaran tentang pemberitahuan larangan.

“Diharapkan kepada seluruh masyarakat  Banyuwangi  khusunya bagi para remaja agar tidak lagi menggunakan knalpot racing dan Ban Kecil  dalam merayakan Hari Natal dan Pergantian Tahun 2015 mamasuki Tahun 2016  nanti,  agar terciptanya suasana yang tertib, kondisif dan nyaman bagi penguna jalan lainya,” kata Kapolres.

Setelah melakukan sosialiasi jemput bola, melakukan penertiban dijalan raya. Jika ditemukan ada kendaraan yang melanggar sudah pasti motornya akan ditahan. “Boleh diambil bila sudah diganti dengan yang standar dihadapan petugas dan membuat pernyataan tidak mengulangi lagi,” tegasnya.

Untuk penjual sparepart, dihimbau untuk menolak bila ada pengendara yang ingin menggunakan knalpot racing. Aturan itu sudah jelas tertuang dalam Undang Undang lalu lintas

Siswo pemilik Bengkel Junior Speed di Dusun Batu Abang Kelurahan Sobo, mengakui jika pengguna knalpot racing kebanyakan kalangan remaja. Siswo mengaku kadang sulit melarang konsumennya, tapi bagaimana lagi, kita akan ikut membantu melarang dan menolak, karena bengkel kami juga didatangi Kepolisian, kemarin.

Terpisah, Kanit Laka Polres Banyuwangi  Iptu Sumono, menjelaskan Satlantas sudah sering  melakukan teguran kepada para penguna jalan yang  pelanggar. Pernyataan ini didasarkan pada  . Undang Undang No 22 Tahun 2009 Pasal 258 ayat (1) yang berbunyi, “Setiap orang yang mengemudikan sepeda motor di jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu petunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot dan kedalaman alur ban sebagaimana dimaksud dalam pasal 106 ayat (3) Jo Pasal 48 Ayat (2) dan ayat (3) di pidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp. 500.000,- (Lima Ratus Ribu Rupiah)”.
Diperkuat dengan Peraturan Menteri Negara Lingkungan hidup No. 07 Tahun 2009 Pasal 4 angka 1 yang berbunyi: Ambang batas kebisingan kendaraan bermotor tipe baru adalah batas maksimum energi suara yang boleh dikeluarkan langsung dari mesin dan / atau transmisi kendaraan bermotor tipe baru. “Tingkat kebisingan knalpot motor sesuai Peratura Mentri Negara Lingkungan Hidup No. 07 Tahun 2009  (mam)

Sumber : Koran Harian Memorandum

Categorised in: ,

No comment for Satlantas Polres Banyuwangi Sosialisasi Tertip Sparepart Motor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*