Saturday, August 8, 2020
Home PEMERINTAHAN Rolling AKD DPRD Banyuwangi

Rolling AKD DPRD Banyuwangi

– Anggota DPRD Banyuwangi saat rapat Paripurna. (Memorandum – Hariyadi)

Banyuwangi, Memorandum – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Banyuwangi, beberapa hari kedepan akan melakukan pergantian Alat Kelengkapan Dewan (AKD). Rolling AKD ini, dilakukan sesuai dengan ketentuan Tata Tertib DPRD, yakni setelah 2,5 tahun berjalan. Sesuai jadwal yang disusun oleh Badan Musyawarah rolling AKD akan dilakukan pada 20 Maret 2017.

Ketua DPRD Banyuwangi, I Made Cahyana Negara,SE mengatakan, rekomposisi AKD merupakan kewenangan masing-masing fraksi di DPRD. Tujuh fraksi dapat mengusulkan nama-nama kader yang akan mengisi kursi pimpinan dan anggota AKD, sebelum pelaksanaan paripurna pergantian AKD. “Pengisian pimpinan dan anggota AKD mutlak kewenangan fraksi, pihaknya tidak akan intervensi terhadap setiap kebijakan fraksi-fraksi “ jelas Made Cahyana saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon selulernya, Rabu (15/3).

Pimpinan DPRD memberikan keleluasaan kepada seluruh fraksi untuk mengusulkan komposisi calon pimpinan dan anggota AKD, dan selanjutnya internal dewan akan melakukan musyawarah,untuk menentukan komposisi masing-masing Alat Kelengkapan Dewan. “Penentuan pimpinan AKD melalui proses musyawarah,kalau tidak tercapai mufakat, maka akan ditempuh melaui proses pemilihan” ungkap Made Cahyana.

Rekomposisi Alat Kelengkapan dewan akan dilakukan pada 4 (empat ) Komisi, Badan Pembentukan Peraturan Daerah, Badan Kehormatan. Sedangkan Badan Musyawarah dan Badan Anggaran secara otomatis dijabat pimpinan dewan.

Sementara melihat kondisi saat ini, komposisi AKD di DPRD Banyuwangi berkiblat pada partai pengusung Pilpres tahun 2014 lalu (Koalisi Indonesia Hebat), terbukti ,dengan adanya fraksi yang tidak mendapatkan jatah pimpinan AKD, seperti fraksi Demokrat, Gerindra, dan Partai Persatuan pembangunan.

Ada 3 (tiga) opsi dalam menentukan komposisi pimpinan AKD mendatang, yakni tetap berkiblat pada koalisi partai pengusung Pilpres tahun 2014, koalisi partai pengusung Pilbup Banyuwangi tahun  2015, atau proporsional sehingga semua fraksi mendapatkan jatah.

Namun jika yang digunakan koalisi Pilpres komposisi AKD akan tetap seperti saat ini, jika mengunakan koalisi Pilbup ada 2 (dua) fraksi yang tidak mendapatkan jatah pimpinan AKD. Maka kita tunggu hasil roliling AKD di DPRD Banyuwangi, siapa yang akan tergeser menjadi pimpinan AKD. (ydi/bud)

Sumber | skhmemorandum.com

Koran Harian Memorandum 2016

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*

Most Popular

Hasil Rapid Test 22 Tenaga Medis Banyuwangi Reaktif, Fraksi PKB: Ini Serius

KABAR RAKYAT - Hasil rapid test 22 orang tenaga medis di Kabupaten Banyuwangi menunjukan hasil reaktif. Hal ini menjadi perhatian serius Fraksi Partai Kebangkitan...

Dinas Pertanian Pangan Minta Masyarakat Hati-hati Beli Daging Murah

KABAR RAKYAT - Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi menghimbau masyarakat agar berhati-hati dalam membeli daging sapi dengan tidak tergiur harga murah. Apalagi pada...

Empat Orang Warga Sarongan dan Kandangan Diamankan Reskrim Polresta Banyuwangi

KABAR RAKYAT -  Empat orang diduga pelaku perusakan dan pengeroyokan, tiga fasilitas gedung dan lima orang petugas pada Balai Taman Nasional Meru Betiri (BTN-MB)...

Pasien Positif Corona di Banyuwangi Kini Bertambah Satu Orang Lagi

BANYUWANGI – Pasien positif terinfeksi virus corona (Covid-19) di Banyuwangi hari ini, Minggu (17/5/2020), bertambah 1 orang sehingga menjadi lima orang. Pasien terbaru atau...

Recent Comments

infobanyuwangi on Pengeroyok Pemuda Krajan Dibui
infobanyuwangi on Kopdar IM Banyuwangi ke-2
mohammad taufiqurrohim on Program Beasiswa BANYUWANGI CERDAS
Live Update COVID-19 Indonesia