Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » BUDAYA » Ritual Bersih Desa Di Jembatan Wiroguno

Ritual Bersih Desa Di Jembatan Wiroguno

(847 Views) October 13, 2016 10:14 am | Published by | No comment

ritual-bersih-desa-di-jembatan-wiroguno

Banyuwangi, Memorandum – Hampir seluruh Warga Desa Gambiran, disibukan dengan rangkain acara Bersih Desa, Rabu (12/10) kemarin. Acara rutin tahunan itu ditandai dengan kirab Tumpeng setinggi 3 meter. Tumpeng diarak mulai dari rumah Kepala Desa menuju jembatan Wiroguno, dengan iring-iringan tarian khas Banyuwangi.

Acara ini merupakan agenda tahunan dalam rangka nguri-nguri adat-tradisi budaya jawa. Tumpeng yang berisi makanan siap saji, sempat menjadi rebutan masyarakat yang ikut menyaksikan prosesi tersebut.

Mulyono, warga setempat, mengatakan, acara ini digelar bertujuan untuk mendoakan sesepuh, dengan catatan tidak menyimpang ajaran agama islam. Karena itu, dalam acara tersebut, Mulyono rela berdesak-desakan ditengah kerumunan masyarakat lain untuk mendapatkan tumpeng guna mencari berkah.

Sementara itu, Ketua Panitia yang sekaligus Ketua Adat Desa Gambiran, Hery Wijatmoko SH, mengungkapkan, budaya jawa ini akan terus dilestarikan agar tidak luntur diitengahnya derasnya budaya Negara lain. “Budaya Bersih Desa Gambiran tetap dilestarikan sesuai tradisi jawa, dengan tidak meninggalkan sejarah para leluhur maupun sesepuh adat,” kata Hery Wijatmoko.

Selain kirab tumpeng yang dibawa empat manggolo serta sejumlah warga pengiring yang menggunakan pakaian adat jawa, sebelumnya juga diadakan selamatan dan pada puncaknya di tutup dengan pagelaran wayang kulit semalam seuntuk.

Kepala Desa Gambiran, Eko Hadi Rianto, mengatakan tidak meninggalkan warisan leluhur dahulu. “Saya selaku Kades berharap, masyarakat untuk nguri-nguri budaya jawa agar tidak tertindas oleh budaya Negara lain,” ungkapnya. (swa/bud)

Sumber | skhmemorandum.com

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Ritual Bersih Desa Di Jembatan Wiroguno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*