Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » LAROS » Ribuan Pelajar SMA SMK dan Club Bermotor se Banyuwangi Antusias

Ribuan Pelajar SMA SMK dan Club Bermotor se Banyuwangi Antusias

(932 Views) January 22, 2016 9:28 am | Published by | No comment

Polda Road Show Sosialisasi Safety Riding Jatim Peka Berlalu Lintas 2016

Banyuwangi Memorandum – Polda Jawa Timur road show sosialisasi Peduli Keamanan (Peka) berlalu lintas. Acara dikemas Safety Riding Jelajah Jawa Timur 2016 digelar Dirlantas Polda dan Polres Banyuwangi, bertempat GOR Tawangalun Banyuwangi, Kamis (21/1).

Polda Road Show Sosialisasi Safety Riding Jatim Peka Berlalu Lintas 2016

Perwakilan Dua pelajar memperagakan tehnik berboncengan sepeda motor yang benar saat di jalan raya

Road show Polda Jawa Timur, diikuti ratusan murid SMA, SMK negeri maupun swasta serta club motor se Banyuwangi. Mereka mengaku sangat senang dan bangga, turut partisipasi, SMA Negeri 1 Giri, SMA Negeri 1 Banyuwangi, SMA 1 PGRI, SMK Negeri Banyuwangi, SMK 1 PGRI, SMK Negeri Glagah dan elemen masyarakat lain.

Jatim Peka 2016, memiliki maksud untuk meminimalisir angka kecelakaan yang sering terjadi. Serta memberi pemahaman para pelajar, agar dalam berkendara di jalan raya tidak kebut kebutan dan ugal ugalan dalam bermotor.

“Polda Jatim menyelenggarakan acara safety riding, Kegitan ini juga dalam rangka melaksankan Program Jatim Peduli Keselamtan atau Jatim Peka 2016. Bertujuan menekan angka kecelakaan dijalan raya,” jelas AKP H. Samirin, Kasatlantas Polres Banyuwangi.

Dijelaskan AKP Samirin, jumlah kendaraa roda dua maupun pengemudi untuk di Banyuwangi sangat tinggi. Apalagi jalur lalu lintas sangat padat, baik di jalur akses jalanan nasional, propinsi maupun kabupaten. “Diwilayah pantura Banyuwangi (Wongsorejo, Ketapang) yang menghubung ke Bali, NTB banyak kendaraan besar bus maupun truk yang merupakan rawan kecelakaan,” ungkap AKP Samirin.

Kegiatan yang dihadiri Kasubdityaksa Dirlantas Polda Jatim AKBP Juli Setyadi dan Kapolres Banyuwangi AKBP Bastoni Purnama, banyak mengajarkan cara berkendara yang aman kepada para pelajar.

“Tata cara berboncengan sepeda motor yang aman saat terjadi laka maupun pengereman mendadak. Paling baik saat dibonceng kedua tangan berpegangan di pangker jok belakang. Sehingga saat terjatuh tidak terpental dan terlindas kendaraan lain,” jelas instruktur dari Dirlantas Polda Jatim menjelaskan teori berkendara.

Terori tips lainya, penumpang yang dibonceng harus satu hati dengan pengendara. Maksudnya, saat pengemudi belok ke kiri maka tubuh orang yang dibonceng harus ikut miring ke kiri agar tidak terjadi tekanan yang berlawanan. Pas dibonceng jangan pegangan pundak karena bisa menimbulkan dorongan ke depan pada tubuh pengemudi. Imbasnya memicu terjadi laka saat direm mendadak atau menghindari lubang.

Berikutnya, gunakan helm dengan benar. Kaca pengaman muka, helm juga mesti dikunci agar tidak terlepas saat diterpa angin maupun sewaktu terjatuh. “Terpenting pengemudi harus memiliki SIM. Kalau pelajar usinya harus 17 tahun. Karena dianggap sudah dewas dan nelarnya baik,” jelas intruktur.

Disela Safety Riding Jatim Peka  2016, AKBP Bastoni Purnama SIK menyampaikan pada wartawan, akan digelar diberbagai polres se Jawa Timur. Tujuannya untuk meminimalisir angka kecelakaan lalulintas yang 60 persen korbannya menimpa remaja.

Tak cuma motor, Kapolres bahkan berharap mobil roda empat dirancang mengikuti safety riding. Lampu mobil yang biasanya dinyalakan secara manual bisa menyala secara otomatis saat mobil dihidupkan. “Ini masih wacana, harus diusulkan ke Ditlantas Mabes Polri,” ungkapnya.

Berbagai atraksi berkendara yang baik, Polantas Polda Jawa Timur memberi ruang praktek dan tanya jawab langsung kepada pelajar. Ditampilkan, kemahiran berkendara motor dua anggota Polwan Dirlantas Polda Jatim, Aipda Suwanti dan Brigadir Eka Ayu Nova, saat mengendara motor gede. Hingga membuat kagum ratusan murid yang menyaksikan kepiawaian. (mam)

Sumber : Koran Harian Memorandum

Categorised in: ,

No comment for Ribuan Pelajar SMA SMK dan Club Bermotor se Banyuwangi Antusias

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*