Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PEMERINTAHAN » Ribuan Guru Peringati Hari Guru Nasional dan HUT ke 69 PGRI

Ribuan Guru Peringati Hari Guru Nasional dan HUT ke 69 PGRI

(990 Views) December 15, 2014 3:20 pm | Published by | No comment

BANYUWANGI – Ribuan guru memadati arena Gedung Seni Budaya (Gesibu) Banyuwangi, hari Minggu kemarin (14/12). Kehadiran mereka tak lain untuk memperingati Hari Guru Nasional (HGN) sekaligus HUT ke 69 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Saat menghadiri moment spesial bagi para pahlawan pendidikan itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyatakan terima kasihnya atas pengabdian mereka yang luar biasa. Sungguh pun begitu, ke depan bupati berharap fungsi guru dan kepala sekolah (kasek) harus ditingkatkan.”Ke depan kasek harus mampu jadi manajer.Sebelumnya para kasek ini kan diangkat melalui fit and proper test. Jadi mereka harus mampu menangani segala hal dengan
bijak,”kata bupati.

Bupati Anas berharap, nantinya kasek harus serba bisa. “Jika kasek memimpin di tengah-tengah siswa yang cerdas itu biasa. Tapi saya angkat jempol untuk para kasek yang mampu memimpin di tengah siswa yang kurang cerdas. Bahkan saya berterimakasih kalau ada guru yang mau ditempatkan di desa terpencil seperti Desa Sarongan,”ujar Bupati Anas disambut tepuk tangan para guru.

Selain itu orang nomor satu di Banyuwangi itu juga minta agar para guru menekan keinginan untuk mengambil kredit konsumtif, agar pikirannya tidak terbebani dengan hutang yang ada dan lebih fokus pada pendidikan. Sebab, tambahnya, kualitas amat sangat penting. Problemanya bukan pada siswa, tapi pada guru. Karena siswa memfotocopy guru.

Di akhir sambutannya, bupati mengatakan, di tahun 2015 mendatang, pendidikan di Banyuwangi tak hanya akan difokuskan pada pendidikan formal saja, tapi juga non formal. Untuk mengatasi problem anak-anak putus sekolah, pemkab akan menggelar kursus bahasa di tiap-tiap desa, yakni bahasa Inggris, Arab dan Mandarin. Bupati berharap guru-guru bisa ikut terlibat dalam program pencerdasan anak bangsa ini.

Sementara itu, Ketua PGRI Banyuwangi, Husin Matamin menekankan pada para guru agar terus berbenah. “Bangsa yang maju adalah bangsa yang memiliki SDM yang berkualitas. SDM berkualitas hanya bisa diraih dengan pendidikan yang baik. Sedangkan pendidikan tanpa guru adalah hal yang tidak mungkin. Karenanya kita harus terus berbenah, memperbaiki kualitas diri kita,” tegas Husin.

Peringatan HGN 2014 dan HUT ke 69 PGRI ini juga dihadiri Ketua PGRI Jatim Ichwan Sumadi dan Sekretaris PGRI Jatim Heru Suparno. Dan seperti biasa, spirit berbagi dengan sesama pun tak  ketinggalan melalui santunan yang diberikan pada 40 anak yatim. Ada pula penyerahan
penghargaan kepada para guru yang memenangkan lomba di tingkat provinsi Jatim. Antara lain Juara II Lomba Seni Pertunjukan Musik Tradisi, Juara II Lomba Seni Tari Tradisi dan Juara III Lomba Musikalisasi Puisi. (Humas & Protokol)

Categorised in:

No comment for Ribuan Guru Peringati Hari Guru Nasional dan HUT ke 69 PGRI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*