Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » LAROS » Rekrutmen Karyawan Industri Gula Glenmore Disoal

Rekrutmen Karyawan Industri Gula Glenmore Disoal

(1773 Views) August 3, 2016 6:13 pm | Published by | No comment
Pabrik Gula Glenmore Banyuwangi

Pabrik Gulan IGG yang kini mulai produksi perdana

Banyuwangi, Memorandum – Warga masyarakat di Kecamatan Glenmore meragukan komitmen PT.Industri Gula Glenmore (IGG) terkait perekrutan karyawan. Padahal keberadaan IGG yang mulai uji coba proses giling ini  diharapkan mendorong peluang lapangan kerja baru. Namun, kenyataan, perekrutan karyawan dinilai berbanding terbalik.

System perekrutan PT. IGG mulai menuai protes masyarakat Glenmore. Sebaian besar masyarakat menyesalkan tidak bisa berpatisipasi dalam proses penerimaan karyawan. Hal ini diungkapkan sejumlah tokoh masyarakat di Desa Karangharjo dan Sepanjang merasa kecewa dengan minimnya warga local terserap di pabrik gula terbesar di Indonesia ini.

Keluhan ini diakui oleh M.Thohir, SH mantan anggota DPRD fraksi PPP atas komitmen PT.IGG yang semula akan memberikan porsi yang proporsional kepada warga sekitar pabrik. “ Begini perekrutan karyawan atau buruh IGG yang ada saat ini belum mencerminkan sebuah komitmen mengutamakan tenaga lokal sesuai skill dan syarat minimum yang dibutuh badan usaha milik negara itu. Faktanya terbalik, justru orang luar Glenmore mendominasi. Ini persoalan yang harus dicarikan solusi,” kata M.Thohir,SH yang akrab dipanggil Gus Thohir, Selasa(2/8).

Lanjut Gus Thohir, dirinya jauh hari pernah mengutarakan kepada direktur PT. IGG Ade Prastyo. “ Kekuatiran ini sudah saya sampaikan langsung kepada direktur agar ada porsi yang seimbang minimal begitu. Sebab dampak berdirinya pabrik gula ini berdampak pengangguran karyawan dan buruh perkebunan yang dulu bergerak ditanaman kopi dan karet. Ribuan hektar tananaman karet dan kopi di tebang sehingga mereka kehilangan mata pencarian,” ungkapnya.

Fakta ini tidak bisa dipungkiri ribuan karyawan lepas PTP Nusantara XII bakal menganggur akibat dampak pengalihan tanaman ini. Mereka yang biasa bekerja harian mengunduh getah karet dan melakukan perawatan tanaman kopi harus menerima tanaman tebu yang sedikit perawatan.

Menanggapi respon masyarakat Glenmore sekitar pabrik IGG Sekretaris PTPN XII Ir.Herry Purwanto MM menjelaskan, upaya perekrutan ditempuh melalui system dimana ada syarat minimum yang harus dipenuhi dalam proses penjaringan karyawan PT. IGG.

“ Perekrutan karyawan di lakukan di Jember melibatkan Universitas Jember, termasuk BPPT ( Badan Pengkajian Dan pengkajian Tehnologi ) dimana syaratnya harus lulus syarat minimal. Kedua, kami memberikan kesempatan kepada warga local untuk berpatisipasi dan ini kita utamakan setelah lulus uji syara minimal. Nah, perekrutan saat ini belum mewakili keseluruhan sebab masih kepada urusan teknis karena factor tehnologi pabrik yang membutuh skill khusus,” jelas Ir.Herry juga menjabat Sekretaris Dewan Komisaris PT.IGG pemilik saham, Selasa sore(2/8).

Sejauh mana peluang partisipasi tenaga kerja local ? Herry mengungkapkan, IGG masih membutuhkan tenaga kerja ke depan. Masalah ini menjadi pertimbangan IGG khususnya tenaga local. “ Tahapan perekrutan sementara ini masih sekitar penyelesai proyek pabrik belum sepenuhnya kok. Ada kesempatan luas senyampang memenuhi syarat minimal yang dibutuhkan. Hari ini tahap uji coba proses giling hingga Oktober . Kalau ini lancar baru serah terima pabrik,” tutupnya. ( nre )

Sumber | Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Rekrutmen Karyawan Industri Gula Glenmore Disoal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*