Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PEMERINTAHAN » RDTR Pelabuhan Ketapang Belum Sinkron Dengan RTRW Kab Banyuwangi

RDTR Pelabuhan Ketapang Belum Sinkron Dengan RTRW Kab Banyuwangi

(1062 Views) April 6, 2016 10:44 am | Published by | No comment
RDTR Pelabuhan Ketapang

Ketua Pansus Rapreda RDTR, Irianto, SH., bersama koleganya saat mencermati draft Raperda

Banyuwangi, Memorandum – Materi Raperda Rencana Detail Tata Ruang Kawasan Strategis Pelabuhan Ketapang dan RDTR Bagian Wilayah Perkotaan Banyuwangi Tahun 2015-2015, dianggap overlaps dan tidak singkron dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Banyuwangi. Hal ini disampaikan, Irianto, SH Ketua Pansus  Raperda dimaksud, usai mendengarkan paparan dari  Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). “Pansus DPRD tidak mengingginkan Raperda RDTR Kawasan Strategis Pelabuhan Ketapang dan RDTR BWP Banyuwangi overlap. Antara RDTR dan RTRW tidak sinkron” Ungkap Ketua Pansus, Irianto, SH., yang ditemui seusai mendengarkan paparan dari Bappeda, Selasa (5/4) di Ruang Khusus DPRD Banyuwangi.

Irianto menjelaskan, zonasi atau penataan ruang yang tidak tercover dalam RTRW Kabupaten, namun ada dalam muatan materi RDTR. Maka hal tersebut akan berpotensi mejadi masalah di kemudian hari. “Kami tidak menghendaki adanya persoalan dikemudian hari” ungkapnya.

Maka dari itu, pembahasan Raperda RDTR Kawasan Strategis Pelabuhan Ketapang membutuhkan waktu cukup lama, pencermatan dan kehati-hatian. Pasalnya, Raperda RDTR di butuhkan untuk kepentingan jangka panjang serta mewadahi harapan banyak pihak. Pansus DPRD masih akan melakukan beberapa tahapan pembahasan, seperti halnya rapat internal Pansus, Tinjau Lapang, rapat koordinasi dengan instansi terkait dan publik hearing guna menampung masukan dan aspirasi masyarakat. “Seluruh anggota Pansus tidak menghendaki pembahasan Raperda dilakukan dengan terburu-buru,” tegas Irianto.

Selain itu, Pansus Raperda RDTR Kawasan Strategis Pelabuhan Ketapang meminta kepada Bappeda untuk menyediakan peta zonasi yang jelas dan besar, agar seluruh anggota Pansus mengetahui ploting zona-zona yang akan diatur dalam Perda. (ydi)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Categorised in:

No comment for RDTR Pelabuhan Ketapang Belum Sinkron Dengan RTRW Kab Banyuwangi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*