Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » LAROS » Rayakan Nyepi, Pelabuhan Ketapang Ditutup

Rayakan Nyepi, Pelabuhan Ketapang Ditutup

(271 Views) March 27, 2017 11:32 pm | Published by | No comment

Antrian Sepeda motor di Pelabuhan Gilimanuk yang hendak menyeberang ke Bali Sabtu (25/3)

Banyuwangi, Memorandum – Pelabuhan penyeberangan Ketapang akan akan menghentikan pelayanan selama kurang lebih dua hari. Penutupan ini berkaitan dengan pelaksanaan hari raya Nyepi umat Hindu di Bali yang jatuh pada Selasa (28/3). Penutupan pelayanan ini rencananya akan dilakukan mulai pukul 23.00 WIB Senin (27/3).

Kapal terakhir menyeberang ke Bali pada hari Senin akan menunggu di Pelabuhan Gilimanuk, Bali hingga Pelabuhan kembali. Dari hasil rapat koordinasi pelabuhan penyeberangan akan kembali dibuka sekitar pukul 04.30 WIB atau 05.30 WITA Rabu (29/2) pagi. Kapal pertama dari pelabuhan ketapang akan berlayar pada jam tersebut.

Saat ini arus penumpang dan kendaraan dari Bali yang menuju Jawa melalui pelabuhan Ketapang sudah mulai mengalami peningkatan. Mereka merupakan warga Jawa yang mengais rejeki di pulau Dewata itu. “Arus kendaraan mulai ramai tapi tetap lancar,” ujar General Manajer (GM) PT. Indonesia Ferry (Persero) M. Yusuf Hadi melalui Manajer Operasional, Ardhi Ekapati

Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang maupun kendaraan yang menuju ke Pulau Jawa, pihak ASDP telah menyiapkan langkah untuk mengatasinya. Skenario yang disiapkan adalah percepatan trip kapal. “Jika biasanya hanya 9 trip per kapal ditambah menjadi 10 trip per kapal,” jelasnya.

Kapal yang disiapkan untuk lonjakan penumpang ini ada 42 kapal. Dengan rincian 30 kapal beroperasi di dermaga MB dan 12 kapal beroperasi di dermaga LCM. Jika terjadi kemacetan maka pihak ASDP selain menambah trip juga dilakukan penambahan jumlah kapal yang beroperasi.

Data pengguna jasa sejak Sabtu (25/3) pukul 08.00 WIB hingga Minggu (26/3) pukul 08.00 WIB, terjadi peningkatan signifikan jumlah penumpang di pelabuhan Gilimanuk dibanding dengan tahun lalu. Tahun lalu tercatat 27.179 penumpang yang menyeberang ke Jawa. “Tahun ini naik sebesar 60 persen menjadi 43. 621 orang,” bebernya.

Kenaikan juga terjadi pada jumlah kendaraan roda 2 dan roda 4. Kendaraan roda 2 naik sebesar 73 persen dari 5.195 unit menjadi 9000 unit. Sedangkan roda 4 naik dari 3.459 unit menjadi 5.398 unit atau sebesar 56 persen.

Untuk di Pelabuhan Ketapang kenaikan hanya terjadi pada jumlah penumpang. Itupun hanya sebesar 12 persen dari tahun sebelumnya. Jika tahun 2016 hanya 14.188 orang sekarang naik menjadi 15.862 orang. Sedangkan untuk jumlah kendaraan roda dua dan roda empat yang menuju ke Bali mengalami penurunan masing-masing sebesar 17 persen dan 8 persen.(jai)

Sumber | skhmemorandum.com

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Rayakan Nyepi, Pelabuhan Ketapang Ditutup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*