Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » BANYUWANGI FESTIVAL » Ratusan Murid SD Partisipasi Membatik Paras Gempal

Ratusan Murid SD Partisipasi Membatik Paras Gempal

(945 Views) October 9, 2015 9:05 am | Published by | No comment

Banyuwangi, Memo – Lomba membatik dengan motif paras gempal, rangkaian Banyuwangi Batik Festival Tahun 2015 yang diminati ratusan pelajar sekolah dasar makin meriah, berlangsung di Gesibu Taman Blambangan, Kamis (8/10).

Lomba Batik Banyuwangi

Murid SD se Banyuwangi ikut lomba chanting motif batik paras gempal

Motif paras gempal satu dari 44 motif batik asli Banyuwangi dengan filosofi berbeda. Paras adalah batu cadas dan gempal artinya runtuh. Jika disatukan memiliki makna mendalam tentang kerukunan terhadap sesama.

Sinta (9) siswi kelas IV SDN Model mengatakan senang ikut partisipasi dalam lomba mencanting motif bati asli Banyuwangi. “Meski motifnya sedikit rumit, namun saya semangat dan ingin bisa membatik,” ujar Sinta.

Hari Cahyo Purnomo, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pertambangan (Disperindagtam) mengatakan, tidak hanya lomba mencanting saja, rangkain batik festival yang telah memasuki penyelenggaraan tahun ketiga ini juga memunculkan even yang beragam.

Mulai lomba desain batik, lomba busana batik, pameran dan promosi batik, Fashion Show Batik On the Pedestrian dan puncaknya Banyuwangi Batik Festival Fashion Show.

“Kali ini sengaja membuat rangkaian even yang bisa mewadahi setiap proses dalam industri batik, mulai proses kreatif pembuatan desainnya sampai pertunjukkan hasil jadinya. Tujuannya tidak lain untuk memberikan motivasi agar batik banyuwangi semakin berkembang dan inovatif,” kata Hary.

Penyelenggaran BBF Tahun 2015 menghadirkan desainer batik nasional seperti Pricilla Saputro dan Irma Lumiga, sebagai juri insipratif bagi peserta. Hadir pula Putri Indonesia 2015 Anindya Kusuma Putri. (fat/coi)

Sumber : Koran Harian Memorandum Jaya Blambangan

Categorised in: ,

No comment for Ratusan Murid SD Partisipasi Membatik Paras Gempal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*