Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PEMERINTAHAN » Raperda Disiapkan, Pengurus BPD Akan Diberi Bimbingan Teknis

Raperda Disiapkan, Pengurus BPD Akan Diberi Bimbingan Teknis

(567 Views) October 1, 2016 6:58 am | Published by | No comment
pengurus-bpd-akan-diberi-bimbingan-teknis

– Perwakilan Pemkab banyuwangi saat rapat koordinasi

Banyuwangi, Memorandum – Komisi I DPRD Banyuwangi menilai perlu dilakukan Bimbingan Teknis guna meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Badan Permusyawaratan Desa (BPD), khususnya terkait dengan peran, tugas pokok dan fungsi BPD. Mengingat, dangan berlakunya Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa, keberadaan BPD sangat vital.

Hal ini disampaikan Ketua Komisi I, Ficky Septalinda, SE dalam arahannya pada saat rapat koordinasi dengan Asosiasi BPD se Banyuwangi, Kamis (29/09/2016) di Ruang Komisi I DPRD Banyuwangi. “Rapat koordinasi hari ini sebagai tindak lanjut, rakor Komisi I yang tidak dapat dilanjutkan beberapa hari yang lalu, saat ini sudah hadir perwakilan dari Pemerintah Daerah, yakni BPM-PD, Bagian Pemerintahan Pemkab Banyuwangi serta Plt Kepala BPKAD” ucap Ficky saat membuka rapat.

Menurut Ficky, apabila BPD telah melaksanakan peran,tugas dan fungsi yang benar, maka tidak akan terjadi permasalahan di tingkat Pemerintahan Desa. Terutama terkait dengan perencanaan, pembahasan dan pengelolaan APBdes. Namun demikian apabila BPD tidak memahami tugas dan fungsinya, maka seluruh program di Desa tidak bisa terkontrol dengan baik dan bisa menjadi persoalan di kemudian hari. Menanggapi persoalan tersebut, Bagian Pemerintahan Pemkab Banyuwangi yang diwakili, Abdurahman mengatakan, bahwa Pemerintah Kabupaten Banyuwangi berjanji dan berkomitmen untuk segera meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Pemerintah Daerah saat ini, sedang mempersiapkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang BPD, guna memaksimalkan implementasi Undang-Undang Desa, yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat desa. “Saat ini Pemkab sedang menyusun Naskah Akademik Raperda BPD, yang selanjutnya akan diserahkan kepada DPRD,” ungkap Abdurahman.

Ditambahkan oleh Kepala Bagian Pemberdayaan Desa BPM-PD, Faisholi, dalam UU No. 32 tahun 2004, kedudukan BPD sebagai unsur penyelenggara Pemerintahan Desa, BPD berwenang dan ikut mengatur dan mengurus Desa. Tetapi dalam UU No. 6 Tahun 2014, BPD sebagai lembaga Desa yang terlibat melaksanakan fungsi pemerintahan, tapi tidak secara penuh ikut mengatur dan mengurus Desa.

Diakhir rapat koordinasi Ketua Komisi I menyampaikan, program pengembangan kapasitas BPD jarang dilakukan. Sehingga dampaknya, persoalan disharmonis antara Kepala Desa Dan BPD kerap terjadi, Hal tersebut, akibat dari kesenjangan SDM dan pemahaman atas pengetahuan regulasi. Bahkan sebagian besar pengurus BPD di Kabupaten Banyuwangi, belum memahami tugas dan fungsi pokoknya. Untuk itu, perlu adanya pembekalan, Bimtek bagi BPD oleh Pemerintah Daerah maupun dari akademisi. (ydi/bud)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Raperda Disiapkan, Pengurus BPD Akan Diberi Bimbingan Teknis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*