Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » KRIMINAL » PWI Banyuwangi: Ulah Wartawan Abal-Abal Merusak Citra Profesi Wartawan

PWI Banyuwangi: Ulah Wartawan Abal-Abal Merusak Citra Profesi Wartawan

(968 Views) January 9, 2016 4:15 pm | Published by | No comment

Banyuwangi, Memorandum – Kasus pemerasan yang dilakukan oleh dua wartawan gadungan, sebagaimana banyak dirilis oleh  media massa di Banyuwangi, Jum’at (8/1) kemarin, merupakan salah satu bagian dari adanya ‘fenomena wartawan bodrek’ yang seringkali membuat ulah dan merusak citra para pekerja Pers. Karena itu, terungkapnya kasus pemerasan yang dilakukan oleh dua orang ABG yang mengaku sebagai wartawan Tabloid itu harus bisa menjadi entry point untuk melakukan penertiban profesi wartawan di lapangan.

Choiri Kurnianto memorandum

Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Banyuwangi, Choiri Kurnianto, SH.

Demikian diungkap oleh Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Banyuwangi, Choiri Kurnianto, SH., ketika dimintai pendapat tentang kasus pemerasan anggota Polwan oleh dua wartawan gadungan. Choiri menegaskan, kasus pemerasan yang dilakukan oleh Yoseda dan Budi terhadap Polwan anggota Polsekta Banyuwangi itu adalah murni kasus kriminal.

“Itu adalah murni kasus kriminal. Jadi Polisi berhak sepenuhnya untuk menangani kasus tersebut tanpa harus melibatkan organisasi wartawan. Dan Polisi harus bertindak tegas dalam kasus tersebut. Karena bagaimanapun, ulah kedua wartawan gadungan itu sama halnya dengan melecehkan profesi wartawan,” kata Choiri.

Menurut Choiri, organisasi kewartawanan seperti PWI baru akan turut campur untuk melakukan pendampingan dan sebagainya bila kasus yang dialami oleh seorang wartawan itu benar-benar menyangkut tentang profesi kewartawanan. Itu sebagaimana sudah diatur dalam Undang-undang tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik. (bud)

Sumber : Koran Harian Memorandum

Categorised in: ,

No comment for PWI Banyuwangi: Ulah Wartawan Abal-Abal Merusak Citra Profesi Wartawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*