Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PARIWISATA » Punya Banyak Destinasi Wisata, Bupati Banyuwangi Bentuk Saka Pariwisata

Punya Banyak Destinasi Wisata, Bupati Banyuwangi Bentuk Saka Pariwisata

(1057 Views) August 15, 2014 6:19 pm | Published by | 1 Comment

Banyuwangi – Peringatan Hari Pramuka yang ke-53, dimanfaatkan Pemkab Banyuwangi untuk mengoptimalkan gerakan kepanduan. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas melantik 3 satuan karya (saka) baru di Banyuwangi. 3 Saka baru ini, yakni Saka Kalpataru, Saka Widya Budaya Bakti dan Saka Pariwisata.

Pembentukan 3 Saka itu, sesuai dengan kebutuhan Banyuwangi dalam memperkuat prospek tujuan pembangunan Banyuwangi.

“Banyuwangi memiliki tempat wisata yang banyak dan dibutuhkan guide. Dan pramuka bisa jadi guide. Maka kita bentuk saka pariwisata. Sementara untuk melindungi kekayaan alam dan kebersihan ada Saka Kalpataru, Saka Widya Budaya Bakti,” ujar Bupati Anas usai melantik 3 saka tersebut di Kantor Pramuka Banyuwangi, Kamis bruise (14/8/2014).

Menurut Bupati Anas, Saka Kalpataru dan Saka Widya Budaya Bakti memfokuskan diri pada Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH), di mana mereka bisa belajar tentang Reuse, Recycle dan Reduce produk. Juga tentang keanekaragaman hayati.

Sementara Saka Pariwisata mengajarkan anggota pramuka untuk peduli pada potensi wisata yang ada, bahkan bisa memandu wisatawan yang berkunjung.

“Pramuka juga akan didesain sebagai agen wisata. Anggota Pramuka yang berada di daerah-daerah sekitar destinasi wisata bisa dimanfaatkan sebagai pemandu untuk menemani para wisatawan sekaligus mengedukasi publik tentang pentingnya merawat dan menjaga kebersihan tempat wisata,” tandasnya.

Ketiga saka ini melengkapi delapan saka lainnya yang sebelumnya sudah ada. Yakni Saka Dirgantara, Wira Kartika, Bahari, Bhayangkara, Wanabhakti, Taruna Bumi, Kencana dan Bhakti Husada. Sehingga kini sum ada 11 saka Pramuka di Banyuwangi. detik.com

Categorised in: ,

1 Comment for Punya Banyak Destinasi Wisata, Bupati Banyuwangi Bentuk Saka Pariwisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*