Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali

Click to open Menus
Home » PEMERINTAHAN » PT PBS Harus Diaudit BPK

PT PBS Harus Diaudit BPK

(581 Views) July 9, 2016 12:22 pm | Published by | No comment

– Koordinator Konsorsium LSM, Ir HM Eko Sukartono

Banyuwangi, Memorandum – Kasus karamnya Kapal LCT Putri Sritanjung I sudah menjadi ‘bola panas’ yang terus menggelinding. Persepsi dan tudingan miring berbagai pihak atas buruknya manajemen PT Pelayaran Banyuwangi Sejati (PBS) sebagai pengelola asset milik Pemkab Banyuwangi itu, semakin mendorong pergerakan ‘bola panas’ kasus tersebut untuk segera mengenai sasaran. Seiring dengan itu, kekhawatiran beberapa kalangan tentang kinerja Pansus penanganan PT PBS yang dibentuk DPRD untuk menguak kejadian yang sebenarnya, dianggap mulai terbukti.

Menanggapi situasi terakhir pergerakan kinerja Pansus yang dipimpin oleh Ir H Naufal Badri, Koordinator Konsorsium LSM untuk penyelamatan PT PBS dan Kapal LCT Putri Sritanjung, Ir HM Eko Sukartono, mengaku tidak khawatir. “Masalah PT PBS dan Kapal LCT Sritanjung adalah masalah masyarakat Banyuwangi. Karena asset itu milik rakyat Banyuwangi. Jadi jangan coba macam-macam dengan masalah ini,” kata Eko Sukartono, saat dihubungi melalui telepon seluler-nya, Jum’at (8/7) kemarin.

Mantan Wakil Ketua DPRD Banyuwangi periode 2004 – 2009 itu mengaku tidak kaget dengan beredarnya isu bahwa Pansus bentukan DPRD itu sudah mulai ‘masuk angin’. “Sejak awal kita sudah memprediksi akan seperti itu. Karena banyak tarik-menarik kepentingan didalamnya.  Tetapi saya ingatkan, jangan main-main dengan masalah ini. Kita dan teman-teman LSM akan terus berupaya mendorong Pansus untuk bisa mengundang-hadirkan pihak BPK dan BPKP untuk melakukan audit terhadap manajemen PT PBS,” ujarnya.

Menurut Eko Sukartono, dari pernyataan yang disampaikan oleh salah satu karyawan PT PBS dalam sebuah hearing beberapa waktu lalu, konsorsium LSM berkesimpulan, jelas sekali ada pelanggaran yang dilakukan oleh manajemen PT PBS. “Maka Pansus wajib untuk meminta BPK/BKPK mengaudit PT PBS,” tegasnya.

Sementara itu, beberapa waktu lalu Ketua DPRD Banyuwangi, I Made Cahyana Negara, menyatakan bahwa pihaknya menyerahkan sepenuhnya tentang penanganan masalah PT PBS dan pengungkapan karamnya LCT Putri Sritanjung I kepada Pansus. “Namun secara normatif, kita ingin agar PT PBS tetap berfungsi sebagaimana mestinya dan para karyawannya bisa kembali bekerja. Soal pengadaan kapal, kan masih bisa dibicarakan lebih lanjut dengan pihak eksekutif, apakah akan membeli kapal baru atau sementara cukup dengan menyewa kepada pihak lain,” kata Made. (bud)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Categorised in: ,

No comment for PT PBS Harus Diaudit BPK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

you MUST enable javascript to be able to comment