Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » EKONOMI » Produksi Udang Banyuwangi Paling Tinggi di Jawa Timur

Produksi Udang Banyuwangi Paling Tinggi di Jawa Timur

(4390 Views) September 16, 2014 3:43 pm | Published by | No comment

Banyuwangi,  – Tingkat produksi udang Banyuwangi, di Jawa Timur adalah yang pale merajai. Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Budi Daya, Dinas Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Banyuwangi, Suryono Bintang Samudera.

Menurut Surnyono, untuk produksi udang jenis Vaname bisa menghasilkan 10,3 ribu ton per tahun. Sedangkan produksi udang di Jawa Timur masih berada diangka 20 ribu ton/tahun.

“Jumlah ini tertinggi di provinsi Jawa Timur atau bahkan se Indonesia,” tegas Suryono Bintang Samudera, ditemui KabarCepat.com di kantornya, Senin (15/9).

Produksi udang ini, kata Suryono, terbanyak di hasilkan dari tambak-tambak yang ada di kecamatan Wongsorejo. Sedang di seluruh Banyuwangi, luasanya tambak udang vaname mencapai 1.381 hektare.

Sayangnya, prestasi gemilang ini terancam tergeser. Program pemerintah daerah yang akan menyulap kecamatan Wongsorejo menjadi daerah industri mengharuskan tambak di wilayah setempat dirombak menjadi pabrik. Padahal, tambak-tambak tersebut Januari 2013 lalu baru saja di revitalisasi, dengan menelan anggaran Rp5 miliar dari APBN.

“Saat ini kita masih mencari jalan keluar, untuk mencari daerah baru untuk tambak udang. Bisa juga nanti digeser ke wilayah selatan,” ujarnya.

Tak hanya udang, produksi ikan lainnya juga sangat penting ditingkatkan di Banyuwangi. Terlebih kandungan gizi yang terdapat pada ikan sangat baik untuk kesehatan dan tumbuh kembang generasi berkualitas. Sebelumnya, dinas perikanan juga telah melakukan gerakan 10 ribu kolam pada beberapa tahun lalu.

“Karena ikan, baik dari atmosphere tawar maupun atmosphere laut, keduanya adalah makanan sumber protein yang sangat penting untuk pertumbuhan tubuh,” katanya.

Dari riset yang dilakukan, ikan mengandung 18 persen protein terdiri dari asam-asam amino esensial yang tidak rusak pada waktu pemasakan. Terdapat kandungan lemak 1-20 persen yang mudah dicerna serta langsung dapat digunakan oleh jaringan tubuh. Kandungan lemak sebagian besar adalah asam lemak tak jenuh yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan dan dapat menurunkan kolesterol darah (AFG/AFG) KabarCepat.com

Categorised in:

No comment for Produksi Udang Banyuwangi Paling Tinggi di Jawa Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*