Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » BUDAYA » Polwan Aiptu Ririn Nurfiah Pendiri TPQ AL-ILHAM

Polwan Aiptu Ririn Nurfiah Pendiri TPQ AL-ILHAM

(885 Views) May 9, 2016 3:45 pm | Published by | 1 Comment

Tidak Pernah Putus Asa Meski Ujian Hidup Mendera

Polwan Inspiratif

Aiptu Ririn Nurfiah disela kesibukan menjadi Polwan, masih menyempatkan diri beribadah. Foto bareng usai Isra’ Mi’raj di Masjid AL-ILHAM dan ikut mengajar usai pulang dinas.

Banyuwangi, Memorandum – Masyarakat Banyuwangi mungkin tidak banyak tahu tentang sosok Polisi Wanita (Polwan), inspiratif story kali ini. Aiptu Ririn Nurfiah, lulus Sekolah Bintara Angkatan XX Tahun 1996 – 1997, bertugas di Polsek Kota (Polsekta) Banyuwangi. Pencetus tempat ibadah, Musholah AL-ILHAM dan Taman Pendidikan Alqur’an (TPQ) AL-ILHAM di Lingkungan Wonosari Pesisir Kelurahan Sobo Kecamatan Banyuawangi ini mengaku tidak pernah menduga niatan ingin ibadah dan membantu masyarakat dapat terwujud.

Meskipun niatan awal Ririn yang akrab disapa Ibu Dermawan, ingin menjadi tamu Allah SWT di Makkah lewat Umroh atau Haji urung dilakukan karena ada kendala. “Saat itu saya sakit, yang secara medis tidak ada obatnya. Minum obat malah bertambah sakit sesak napas. Akhirnya niatan umroh saya batalkan, karena hawatir ibadahnya tidak maksimal,” kata Ririn ditemui Memorandum dirumahnya, Minggu (8/5) pagi.

Ujian hidup tatkala masih sakit dan keinginan besar untuk sembuh itu, yang mendorong munculnya nadzar akan lebih tekun beribadah serta berbagi kebahagian dengan orang lain. Ribuan wirid dan doa yang tak putus, Polwan asal kelahiran Tulungagung ini, diberikan kesempatan sembuh oleh Tuhan YME. Dibantu dorongan semangat suami tercinta, Aiptu Darmawan anggota Satpolair Polres Banyuwangi. Bertahap, uang tabungan rencana untuk Umroh dirubah alokasi untuk membeli sebidang lahan untuk membangun Musholah AL-ILHAM dan TPQ AL-ILHAM yang kini bangunan sudah berdiri meski sederhana.  “Kebetulan nama AL-ILHAM, dari anak saya pertama Ilham. Alhamdulillah sekarang TPQ sudah berdiri dua kelas dengan 30 santri putra dan putri. Memang sesekali saya ikut mengajar, karena sudah dibantu dua ustadah Ibu Syamsiah dan Evi. Adalagi pembinanya Ustad Junaidi yang rutin memberikan tauziah agama sebulan sekali pada ibu-ibu sektar Musholah AL-ILHAM,” ungkap Ririn.

Untuk merangsang minat pengajian satu bulanan, Ririn memiliki kiat khusus karena keterbatasannya. Hidangan usai pengajian, digantinya bekal sayur mayur untuk dibawa ibu-ibu pulang. “Ibu-ibu sekitar kompak dan sangat serius mendengar tauziah Ustad Junaidi,” imbuhnya.

Bagi Ririn, kekurangan yang ada saat ini menjadi tantangan dan semangat baru. Mulai keterbatasan bangku TPQ karena jumlah santri terus bertambah. Karena selama ini, seluruh santri TPQ AL-ILHAM digratiskan, seluruhnya dibiayai Ririn dari sebagian gaji Polisi. “Semoga ada yang membantu bangku dan mendapat barokah dari Allah SWT,” pungkasnya. (dn/coi)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in: , ,

1 Comment for Polwan Aiptu Ririn Nurfiah Pendiri TPQ AL-ILHAM

  • choiri says:

    Aplous untuk ibu Aiptu Ririn, niat berbagi membangun karakter anak pinggiran di Banyuwangi Kita berhasil meski pemerintah kabupaten Banyuwangi tidak tahu menahu dengan kiprah Aiptu Ririn. Selamat dan sukses serta barokah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*