Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » KRIMINAL » Polsek Tanjung Wangi Amankan Dua Warga Papua Barat Pencuri Mutiara PT. DMS

Polsek Tanjung Wangi Amankan Dua Warga Papua Barat Pencuri Mutiara PT. DMS

(863 Views) March 19, 2016 9:22 am | Published by | No comment
Buronan Sempat Kabur Di Banyuwangi

Dua pelaku pencurian mutiara yang sempat kabur berhasil diamankan petugas Polsek KP Tanjungwangi

Banyuwangi, Memorandum – Laode Muhamad Darwis, (38), dan Nelson Mayor, (37), dua kawanan pencuri mutiara asal Papua Barat, yang mencuri dilokasi ternak mutiara milik PT. Disti Mutiara Suci (DMS) di Teluk Banyu Biru, Kecamatan Tegaldlimo, yang sempat berhasil kabur hendak ke Bali. Beruntung koordinasi TNI AL dengan Polres Banyuwangi, akhirnya Polsek Tanjung Wangi berhasil menangkap saat hendak menyebrang ke Bali, kemarin (17/3).

Sebelumnya, TNI AL berhasil menangkap satu orang komplotannya bernama Rahman, dan TNI AL memberitahukan ke Polsek (KP) Tanjung Wangi dua pencuri mutiara lainnya kabur.

Dijelaskan Kanit Reskrim Polsek KP Tanjungwangi Iptu Suryono Bakti kepada Memorandun, Jumat (18/3), Kedua orang itu (Laode dan Nelson) dibekuk petugas Polsek Kawasan Pelabuhan (KP) Tanjungwangi dipintu masuk dermaga LCM, Pelabuhan Ketapang, Kamis (17/3). Mereka kemudian diamankan ke Polsek KP Tanjungwangi. Identitas Pelaku mencuri mutiara itu tercatat sebagai warga Jl. Ade Irma Nasution, Desa Klabala, Kecamatan Sorong kota, Papua Barat.

Polisi awalnya mendapatkan informasi dari anggota TNI AL yang telah lebih dulu menangkap seorang pelaku pencurian. Berdasarkan ciri-ciri dan jenis kendaraan yang didapat dari TNI AL, anggota Polsek KP Tanjungwangi segera memperketat pemeriksaan di pintu masuk pelabuhan Ketapang.

Satu jam kemudian, petugas mendapati mobil avanza warna putih dengan nopol DE 1157 AY berada di pintu masuk dermaga LCM Pelabuhan Ketapang. Kendaraan itu diyakini akan menyeberang ke Bali. Petugas segera memeriksa mobil tersebut. Dan benar, pengemudinya ternyata kedua orang yang sedang dicari tersebut.

Awalnya kedua orang ini membantah terlibat dalam aksi pencurian mutiara tersebut. Namun setelah dilakukan pemeriksaan awal mereka akhirnya mengakui sehari sebelumnya melakukan pencurian mutiara bersama Rahman yang tertangkap di lokasi kejadian.

Setelah dilakukan pemeriksaan awal, lanjut Suryono, kedua orang itu diserahkan ke Polres Banyuwangi. Menurutnya penanganan perkara itu dilakukan Polres Banyuwangi. “Tersangka yang sudah lebih dulu ditangkap anggota TNI AL juga sudah diserahkan ke Polres Banyuwangi,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, anggota TNI AL Banyuwangi mengamankan Rahman. Pria itu tertangkap tangan sedang mencuri mutiara milik PT. Disti Mutiara Suci di Teluk Banyu Biru, Kecamatan Tegaldlimo Rabo (16/3) lalu. Dari penangkapan Rahman TNI AL berhasil mengamankan barang bukti berupa 42 butir mutiara senilai Rp 50 juta, satu buah timbangan, satu buah botol untuk menampung mutiara curian dan HP milik pelaku. (jai)

Sumber : Koran Harian Memorandum

Categorised in:

No comment for Polsek Tanjung Wangi Amankan Dua Warga Papua Barat Pencuri Mutiara PT. DMS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*