Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » LAROS » Polres Kerahkan Water Canon Untuk Distribusi Air Bersih

Polres Kerahkan Water Canon Untuk Distribusi Air Bersih

(716 Views) November 11, 2015 5:11 pm | Published by | No comment

Banyuwangi, Memorandum – Sulitnya medan jalan menuju penduduk penerima distribusi air karena pengaruh kekeringan tidak menjadi kendala. Dengan mobil  water canon alat pengaman yang digunakan menghalau para demonstran, akhirnya 65 KK masyarakat Dusun Krajan 1, Desa Bangsring gembira menerima air bersih bantuan sosial dari Polres Banyuwangi, kemarin (9/11).

Bansos Air Bersih

“Masyarakat di Dusun Krajan lokasinya masuk dan dekat di pedalaman hutan,” kata AKP Samirin Kasat Lantas, Selasa (10/11).

Sebanyak 9 ribu liter air bersih sengaja dipasok Polres Banyuwangi untuk membantu warga dari krisis air bersih. Mereka terpaksa mengurangi aktivitas mandi lantaran tak ada air. Kondisi miris ini sudah berlangsung sejak empat bulan lalu.

Selama ini warga air dari sebuah mata air yang ditampung ke dalam tandon menggunakan selang. Karena kemarau mata air ikut mengering dan tandonpun tak berisi.

“Karena air terbatas, kita terpaksa mengurangi jadwal mandi. Sehari hanya sekali,” keluh Mirso, salah satu warga setempat.

Warga yang berduit biasanya membeli air dari pedagang seharga Rp 2.500 per jurigen berisi 30 liter. Sehari satu keluarga bisa menghabiskan 3-4 jurigen. Paling banyak untuk keperluan memasak dan mencuci.

Keluhan warga ini akhirnya terobati setelah Polres Banyuwangi menggelontorkan bantuan air bersih Senin sore. Senyum warga langsung sumringah melihat bantuan air bersih datang. Sambil membawa jurigen mereka menyerbu mobil polisi.

“Kalau tiap hari ada air gratis, kami bisa mandi dan cuci dengan normal,” kata Masruroh.

Sebelum pembagian, Kasubaghumas Polres Banyuwangi AKP Subandi, lebih dulu melakukan survei lokasi. Warga yang menghuni dusun itu rata-rata kaum pendatang yang berprofesi sebagai penegal di hutan.

“Kita pernah dengar lantaran sulit air urusan ibadah juga terganggu. Kondisi mereka benar-benar memprihatinkan. Kepada kita mereka berujar jarang tersentuh bantuan air. Padahal kekeringan selalu melanda tiap tahun,” paparnya.

Kades Bangsring Singhan mengaku sudah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi untuk suplai air. Tahun depan pihaknya akan mengajukan proyek pipanisasi air bersih ke perkampungan setempat sehingga saat kemarau air tak ngadat lagi.

Memang tidak mudah untuk menuju Dusun Krajan I. Rombongan aparat harus melewati jalan makadam di tengah areal hutan produksi milik perhutani yang meranggas sejauh 7 KM. Lantaran lebar jalan yang sempit mobil water canon tak bisa masuk ke perkampungan terpencil itu. (mam)

Categorised in:

No comment for Polres Kerahkan Water Canon Untuk Distribusi Air Bersih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*