Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » LAROS » Polres Banyuwangi Warning Travel Plat Hitam

Polres Banyuwangi Warning Travel Plat Hitam

(1209 Views) October 27, 2015 3:05 pm | Published by | No comment
Ilustrasi travel plat hitam

Ilustrasi travel plat hitam

Banyuwangi, Memorandum – Semua angkutan umum termasuk travel wajib memiliki izin usaha dan menggunakan plat kuning. Peringatan ini disampaikan Kasat Lantas Polres Banyuwangi AKP Samirin, sebagai upaya mengingatkan jasa transportasi angkutan umum menggunakan plat hitam merugikan masyarakat.

“Sebagai masyarakat yang tertib akan lalu lintas, sebaiknya kita mematuhi peraturan yang berlaku di jalan raya,” kata AKP Samirin.

Dia menuturkan, sesuai dengan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 35 tahun 2003 tentang angkutan orang dan kendaraan umum menjelaskan, kendaraan umum yang beroperasi di jalan raya dengan mengangkut penumpang harus bernomor plat kuning.

Karena itu, jika kendaraan umum berplat hitam, maka pengusaha angkutan tersebut menanggung semua asuransi jika terjadi kecelakaan. Sebagaimana diatur dalam undang-undang lalu lintas.

Izin yang harus dikantongi oleh pihak pengusaha taxi angkutan penumpang yang menggunakan plat hitam di antaranya izin operasional yang dikeluarkan Dinas Perhubungan atau pihak Dirjen dan izin usaha travel dari pariwisata pos dan telekomunikasi (parpostel) apabila taksi tersebut dari travel.

“Kalau angkutan umum beroperasi dan tidak dilengkapi dengan izin operasional, maka akan ditilang kepolisian lalu lintas. Jika terjadi kecelakaan, penumpang yang naik angkutan umum bernomor kendaraan plat hitam, tidak akan diberikan asuransi. Sebaliknya, jika berplat kuning, maka semua penumpang termasuk sopir dilindungi dengan asuransi,” ujarnya.

Salah seorang supir Trevel Slamet Warga Gambiran mobilnya menjadi Trevel  gelap mengatakan, tidak sedikit orang yang berniat mencari uang dengan menjadi supir trevel gelap, bahkan memang sudah menjadi pekerjaan sehari-hari di karenakan kebutuhan .

“Untuk melunasi mobil dan membayar kredit saya saya harus lakukan ini mas  Karena memang mata pencaharian kita  dari sini,” jawab pria yang berkumis tebal .

Setiap harinya lebih kurang lebih 30 mobil trevel  gelap mengangkut penumpang. Kepala KTU  UPT LLAJ Jawa Timur di Banyuwangi Guntur berencama untuk menertibkan Trevel plat hitam yang terindikasi tidak memiliki izin resmi. “Kami akan kordinasi dengan kepala seksi angkutan untuk menertibkan trevel trevel  gelap tersebut,” katanya  (mam)

Sumber : Koran Harian Memorandum

MEMORANDUM

Categorised in:

No comment for Polres Banyuwangi Warning Travel Plat Hitam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*