Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali

Click to open Menus
Home » PERISTIWA » Polisi Selidiki Karam Kapal LCT Sritanjung

Polisi Selidiki Karam Kapal LCT Sritanjung

(605 Views) June 11, 2016 3:07 pm | Published by | No comment

Diduga Akibat Kelalaian ABK dan Manajemen Kapal

Banyuwangi, Memorandum – Polisi langsung langsung menindak lanjuti karamnya kapal LCT Putri Sritanjung I yang karam. Satpolair Banyuwangi mendug ada kelalaian dalam karamnya kapal ini. Untuk itu pihaknya akan meminta keterangan anak buah kapal (ABK) dan manajemen PT. Pelayaran Banyuwangi Sejati (PBS).

Kasat Polair Polres Banyuwangi AKP Subandi menyatakan, Kapal milik pemerintah daerah Banyuwangi tersebut sudah sekitar empat bulan berada ditempat itu. Seluruh surat-surat kapal sudah mati sehingga kapal tidak bisa lagi beroperasi.

Terkait peristiwa karamnya kapal tersebut, pihaknya melihat ada indikasi kelalaian dari pihak ABK dan manajemen kapal. Untuk itu dalam waktu dekat pihaknya akan memanggil ABK kapal dalam hal ini seorang perwira dan ABK yang saat itu sedang berjaga. “Mereka akan kita mintai keterangan seputar kejadian ini,” jelasnya.

Tidak hanya ABK Kapal, Subandi juga akan meminta keterangan pihak manajemen kapal dalam hal ini PT. PBS. Namun tidak dijelaskan kapan para ABK kapal dan pihak PT. PBS akan dimintai keterangan.

Dikonfirmasi terpisah Kepala Kantor Unit Pelabuhan Penyeberangan Ketapang, Ispriyanto, menyatakan, kapal LCT Putri Sritanjung I diduga tenggelam akibat masuknya air laut atau biasa disebuta air rob. Air yang masuk ke buritan kapal tidak sebanding dengan kekuatan pompa air yang mengeluarkan air dari kapal. “Sehingga lama-lama air penuh dan buritan kapal tenggelam,” jelasnya.

Lebih jauh dijelaskan, kapal tersebut sudah sejak Nopember 2015 tidak melakukan docking. Selain itu seluruh sertifikat yang dimiliki kapal juga sudah mati. Sehingga pihaknya menyampaikan kepada pihak manajemen bahwa kapal tersebut tidak akan  diberi izin berlayar. “Akhirnya pihak manajemen memindahkan kapal ke pantai agar tidak mengganggu pelayaran,” katanya.

Sebelum kapal tersebut tenggelam pihaknya sudah memerintahkan pihak manajemen untuk mengawaki kapal tersebut. Sebab, menurutnya sesuai aturan kapal yang tidak ada kegiatanpun tetap harus diawaki . “Kami sudah melaporkan ini ke pusat,” pungkasnya. (jai)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Categorised in:

No comment for Polisi Selidiki Karam Kapal LCT Sritanjung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

you MUST enable javascript to be able to comment