Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » KRIMINAL » Polisi Ringkus Pengepul Ribuan Benur Lobster

Polisi Ringkus Pengepul Ribuan Benur Lobster

(456 Views) March 14, 2017 5:54 pm | Published by | No comment

Banyuwangi, Memorandum – Satuan Polair Polres Banyuwangi mengamankan seorang pria yang kedapatan membawa ribuan benur lobster. Identitasnya diketahui bernama Sapto Nugroho, (25), warga Dusun Kampung Baru, Desa Grajagan, Kecamatan Purwoharjo. Dia ditangkap  petugas di sekitar jalan Karetan, Kecamatan Purwoharjo.

Penangkapan tersangka berawal dari informasi yang diterima petugas terkait adanya orang yang membeli benur lobster dari nelayan sekitar Pantai Grajagan. Mendengar informasi itu petugas langsung memburu yang bersangkutan. Namun sayang, saat petugas tiba, pelaku sudah meninggalkan panti Grajagan.

Tak putus asa, petugas segera melakukan pengejaran. Dengan  bekal jenis kendaraan yang  dikendarai pelaku pengejaranpun dilakukan hingga ke wilayah Karetan. “Setelah dilakukan pengejaran akhirnya berhasil dilakukan penangkapan di jalan Karetan, Kecamatan Purwoharjo,” jelas Kasatpolair Polres Banyuwangi AKP Subandi.

Pengepul benur mengendarai mobil honda Mobilio warna putih dengan nomor Polisi P 688 XB. Di dalam mobil tersebut Polisi menemukan 1.437 ekor benur lobster yang dikemas dengan kantong plastik warna putih bening. Terdiri dari 9 benur mutiara dan 1.428 benur lobster. Jika di rupiahkan nilainya mencapai kurang lebih Rp 17 juta.

Lebih jauh Subandi menyatakan, tersangka merupakan pemain lama dalam jual beli benur lobsster. Dalam pemeriksaan dia mengaku akan menjual benur tersebut kepada seseorang berinisial A. Tempat dan waktu transaksi, kata Subandi, ditentukan oleh calon pembeli tersebut. “Keterangan tersangka, dia akan dihubungi melalui HP oleh calon  pembeli tersebut,” tegasnya.

Atas perbuatannya tersangka dijerat dengan pasal 88 dan atau pasal 92 Undang-undang nomor 45 tahun 2009 tentang Perubahan Undang-undang nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan. Usai pemeriksaan, tersangka langsung ditahan di ruang tahanan Satpol Air  Banyuwangi.

Agar Barang bukti benur yang diamankan petugas  tidak mati, petugas Satpolair  langsung melepasliarkan benur tersebut. Lokasi pelepasan dilakukan di perairan selat bali yang berada di belakang Kantor Satpol Air Banyuwangi. “Langsung kita lepaslliarkan agar benur tersebut tetap hidup dan berkembang,” ujarnya. (jai/bud)

Sumber | skhmemorandum.com

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Polisi Ringkus Pengepul Ribuan Benur Lobster

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*