Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » LAROS » Polisi, PM dan Dishub Gelar Operasi Gabungan

Polisi, PM dan Dishub Gelar Operasi Gabungan

(333 Views) April 11, 2017 8:03 pm | Published by | No comment

– Petugas sedang mengukur Dimensi Truk. (Memorandum – Muh Hujaini)

Banyuwangi, Memorandum – Puluhan pelanggar terjaring dalam razia yang dilakukan tim gabungan Dinas Perhubungan Propinsi Jawa Timur UPT LLAJ Banyuwangi bersama aparat Kepolisian kemarin (11/4). Razia tersebut dilakukan di Terminal Brawijaya Banyuwangi. Razia ini menyasar semua jenis kendaraan, mulai kendaraan roda dua hingga kendaraan besar sekelas truk tronton.

Razia yang digelar mulai pukul 09.00 WIB itu tidak hanya melibatkan Satuan Lalu Lintas Polres Banyuwangi, tetapi juga anggota Reskrim. Tidak hanya itu, razia itu juga menggandeng Polisi Militer Banyuwangi.

Dalam razia ini petugas tidak hanya memeriksa surat kendaraan dan kelengkapan kendaraan saja. Untuk kendaraan angkutan barang, petugas dari UPT Dinas Perhubungan juga memeriksa dimensi kendaraan berupa panjang, lebar dan tinggi dari kendaraan. “Kadang-kadang pemilik kendaraan  menambah panjang kendaraan melebihi yang dibenarkan,” ujar Kasi Dalops Dinas Perhubungan Propinsi Jawa Timur UPT LLAJ Banyuwangi I Made P Suparta.

Setiap kendaraan truk yang diperiksa, lanjut Made, satu persatu tinggi dan panjang lebarnya. Petugas ingin memastikan dimensi kendaraan  benar-benar sesuai dengan yang telah ditetapkan. Selama kurang lebih dua jam operasi petugas tidak menemukan kendaraan yang dimensinya melanggar ketentuan.

Made menambahkan, pelibatan anggota Reskrim sebagai langkah antisipasi jika ditemukan pelanggaran pidana yang mungkin ditemukan. Sedangkan untuk mengantisipasi pelanggaran yang mungkin dilakukan anggota TNI pihaknya mengajak serta petugas dari Polisi Militer. “Sehingga jika ditemukan pelanggaran apapun akan ditangani oleh yang memiliki kewenangan masing-masing,” jelasnya.

Adapun tujuan dari operasi tersebut menurutnya untuk menekan angka pelanggaran perizinan angkutan umum, terpenuhinya persyaratan teknis dan laik jalan kendaraan. “Yang paling penting untuk menekan tingkat kejadian kecelakaan dan memberikan efek jera bagi pengguna jalan yang melakukan pelanggaran,”ungkapnya.

Kasat Lantas Polres Banyuwangi AKP Ris Andrian Yudo Nugroho juga ikut turun langsung dalam razia gabungan itu. Pria ini beberapa kali tampak menjelaskan sistem e-tilang yang mulai diterapkan untuk para pelanggar. “Penerapan e-tilang ini memang masih baru, sehingga masih banyak pertanyaan dari para pelanggar,” ujarnya. (jai/mam)

Sumber | Surat Kabar Harian Memorandum

Categorised in:

No comment for Polisi, PM dan Dishub Gelar Operasi Gabungan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*