Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » LAROS » Polisi Di Banyuwangi Dirikan Sekolah Gratis

Polisi Di Banyuwangi Dirikan Sekolah Gratis

(437 Views) January 24, 2017 2:11 pm | Published by | No comment

–          Honor Guru Dari penjualan Hasil Bumi dan Panenan Di Sawah

Kompol Mustaqim memberikan nasehat kepada murid MA Al Huda

Banyuwangi, Memorandum – Sekolah gratis merupakan impian seluruh orang tua. Bagi kebanyakan orang sekolah gratis mungkin hanyalah sebuah mimpi yang sepertinya sulit dirasakan. Tapi ini tidak berlaku bagi masyarakat Desa Bomo, Kecamatan Blimbingsari. Mereka sudah lama merasakan sekolah tingkat dasar secara gratis di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Huda yang berada desanya.

Sekolah gratis ini didirikan dan dikelola Mustaqim, seorang Polisi yang berdinas di Polres Banyuwangi. Di sekolah yang berada di dekat rumah Mustaqim inilah mayoritas warga Desa Bomo menyekolahkan anaknya. Sekolah ini memberikan harapan bagi warga yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan ini untuk memberikan pendidikan bagi anaknya.

Mustaqim menuturkan, embrio sekolah tersebut didirikan pada tahun 1954 oleh almarhum ayah mertuanya. Awalnya bukan berupa sekolah, tapi lebih kepada tempat pendidikan Alqur’an. Kemudian berkembang menjadi sekolah diniyah sampai akhirnya berubah menjadi MI. “Bangunannya dulu tidak ada, belajarnya masih di masjid,” ungkapnya.

Pada awal berdirinya MI Al Huda, warga yang menyekolahkan anaknya memberikan bayaran dengan system jimpitan. Yakni sumbangan seikhlasnya berupa beras dengan ukuran maksimal satu cangkir beras. Hasil pengumpulan jimpitan inilah digunakan untuk honor staf pengajar. Selain dari jimpitan, saa itu staf pengajar juga mendapatkan tambahan honor dari hasil penjualan kelapa. Panen kelapa kurang lebih bisa dilakukan 50 hari sekali.

Sejak 20 tahun lalu tepatnya tahun 1997, pengelolaan sekolah diserahkan sepenuhnya pada Mustaqim. Sejak itulah dia memutuskan untuk menggratiskan sepenuhnya biaya sekolah. Ini dilakukan karena melihat banyak warga Desa Bomo yang tidak mampu menyekolahkan anaknya. Sejak digratiskan, semakin banyak yang menyekolahkan anaknya. Jumlah siswapun meningkat setiap tahunnya. “Dulu sebelum tahun 1997 jumlah murid tidak perlah lebih dari 50 orang, alhamdulillah sekarang kelas I-VI sudah mencapai 172 siswa,” jelasnya.

Selain menggratiskan seluruh biaya sekolah Polisi kelahiran Lamongan ini juga memperbaiki system pembayaran honor staf pengajar. Sehingga seluruh staf pengajar dapat merasakan honornya secara rutin tiap bulan.

Lalu dari mana uang untuk membayar para staf pengajar? Mustaqim membeberkan, honor staf pengadar diperolah dari hasil panen kelapa dan berbagai tanaman yang ada di ladang di sekitar sekolah. Dia juga menanam cabe dan semangka di sawahnya. Seluruh hasil panen dialokasikan untuk kepentingan sekolah. Ada juga usaha pembuatan gula merah yang berada di belakang rumahnya. “Dan sebagian ada dari uang pribadi dan zakat keluarga kami,”

Untuk meyakinkan sekolah itu layak untuk masyarakat Desa Bomo, Mustaqim menyekolahkan ketiga anaknya di sekolah miliknya itu. Saat ini, MI Al Huda sudah mengantongi akreditasi A. Sudah banyak alumninya yang berhasil. Bahkan salah seorang alumninya berhasil masuk ke Akademi Polisi dan telah lulus tahun 2016 lalu.

Di sela-sela kesibukannya sebagai anggota Polisi, Mustaqim selalu menyempatkan diri datang untuk menyambangi sekolah. Setidaknya seminggu sekali dia berbincang dengan Kepala sekolah dan para guru. “Biasanya hari Sabtu saya datang dan menanyakan perkembangan sekolah, apa yang kurang dan perlu dilakukan untuk kemajuan sekolah,” beber Polisi yang pernah kini menjabat sebagai Kabag Sumda Polres Banyuwangi ini.

Sejak beberapa tahun lalu, Mustaqim  juga telah mendirikan satu sekolah lagi yakni Madarasah Aliyah (MA) Al Huda.  Lokasinya satu kompleks dengan MI Al Huda. MA Al Huda telah memiliki sekitar 70 murid.(Jai)

Sumber | skhmemorandum.comKoran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Polisi Di Banyuwangi Dirikan Sekolah Gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*